detikNews
2019/07/18 06:08:40 WIB

Round-Up

PKB Ngebet Tambah Kursi Menteri karena Tak Mau Rugi

Tim detikcom - detikNews
Halaman 2 dari 2
PKB Ngebet Tambah Kursi Menteri karena Tak Mau Rugi PKB (Foto: Redaksi)


Tak hanya getol menambah kursi, PKB juga mengincar posisi strategis. Jazilul menjelaskan keinginan partainya itu demi mengakomodasi kepentingan konstituen PKB. Pihaknya pun berharap keinginan partainya itu dapat terwujud.

"PKB tentu ingin memastikan kepada konstituennya bahwa 2019 ini selain ada kenaikan kursi yang signifikan, juga katakanlah mendapat posisi strategis dan tambahan. Itu yang diharapkan," ujarnya.

Keinginan untuk menambah portofolio dalam kabinet itu memang kerap diungkapkan oleh kader PKB dan Cak Imin. Dua kursi yang diincar adalah Menteri Desa dan Menteri Pertanian. Alasannya, dua posisi itu dekat dengan basis masyarakat.



"Ya Menteri Desa mungkin karena kan memang sudah berjalan, mungkin di bidang yang menyangkut basis masyarakat banyak pendidikan," kata Wasekjen PKB Daniel Johan kepada wartawan di kawasan Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu (6/7).

Kendati 10 nama telah diusulkan ke Jokowi, semua kader PKB kompak enggan membocorkan. Mereka enggan menyebutkan siapa nama-nama yang disorongkan ke Jokowi untuk menjadi menteri.

"Itu Pak Jokowi semua yang merumuskan. PKB hanya menyiapkan saja kader-kadernya. Kalau soal nomenklatur ini urusan Pak Jokowi, tinggal dicocokkan saja," ujar Jazilul.
(mae/fdu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com