detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 05:42 WIB

Pansel Gelar Uji Kompetensi untuk 192 Capim KPK Hari Ini

Haris Fadhil - detikNews
Pansel Gelar Uji Kompetensi untuk 192 Capim KPK Hari Ini Foto: Haris Fadhil/detikcom
Jakarta - Panitia seleksi calon pimpinan (Pansel Capim) KPK menggelar uji kompetensi bagi 192 capim KPK hari ini. Ada dua jenis uji kompetensi yang bakal diikuti para capim KPK.

Uji kompetensi bakal digelar hari ini, Kamis (18/7/2019) di Pusdiklat Kementerian Sekretariat Negara yang berada di Cilandak, Jakarta Selatan. Tes itu akan dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB.

"Registrasi jam 07.00 WIB," kata Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih.

Yenti mengatakan soal untuk uji kompetensi disiapkan oleh Pansel. Dia enggan menjelaskan materi yang bakal menjadi soal uji kompetensi.

"(Soal disusun) pansel, rahasia," ujarnya.

Tes pertama yang akan diikuti para capim KPK adalah objective test yang terdiri dari 70 soal. Tes ini harus dikerjakan dalam waktu 90 menit.

Kedua adalah pembuatan makalah. Para peserta diminta membuat makalah dalam waktu 180 menit dengan tema yang disampaikan panitia saat pelaksanaan uji kompetensi.

Para capim KPK yang terlambat lebih dari 30 menit tidak diperkenankan ikut uji kompetensi. Selain itu, peserta yang mendaftar lewat email juga diwajibkan membawa hardcopy lamarannya saat uji kompetensi.

Ada 192 nama yang lolos seleksi administrasi. Para capim yang lolos ini terdiri dari berbagai latar belakang antara lain:

Akademisi: 40 orang
Advokat/konsultan hukum: 39 orang
Korporasi: 17 orang
Jaksa/hakim:18 orang
Polri: 13 orang
Auditor: 9 orang
Komisioner/pegawai KPK: 13 orang
Lainnya: 43 orang.

Simak Video "Seleksi Capim KPK, Pansel Dengar Masukan Pimpinan KPK"
[Gambas:Video 20detik]

(haf/fdu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com