detikNews
Rabu 17 Juli 2019, 19:38 WIB

Polisi Pasang Pengeras Suara Tertibkan Ojol di Stasiun Bekasi

Isal Mawardi - detikNews
Polisi Pasang Pengeras Suara Tertibkan Ojol di Stasiun Bekasi Pengeras suara di sekitar Stasiun Bekasi untuk menertibkan ojek online. (Isal Mawardi/detikcom)
Bekasi - Polisi memasang pengeras suara di sekitar Stasiun Bekasi guna menertibkan keberadaan ojek online (ojol) yang kerap mangkal di sembarang tempat.

"Imbauan itu (penertiban ojol) dalam bentuk 'halo-halo' rekaman suara," ujar Kasatlantas Polres Metro Bekasi Kota AKP Ojo Ruslani saat dimintai konfirmasi, Rabu (17/7/2019).


Pengeras suara dipasang di tiga titik, yakni di minimarket di Jalan Ir H Juanda, minimarket di Jalan Perjuangan, dan di Pos Polisi Bulan-bulan.

"Itu (titik) yang paling crowded kita nilai," ujar Ojo.

Polisi Pasang Pengeras Suara Tertibkan Ojol di Stasiun BekasiPengeras suara di sekitar Stasiun Bekasi untuk menertibkan ojek online. (Isal Mawardi/detikcom)

Rekaman suara itu akan terputar secara otomatis setiap 5 menit sekali. Rekaman tersebut berisi imbauan agar ojol menjemput dan menurunkan penumpang di pemberhentian sementara (lay-by), yakni di samping Stasiun Bekasi, tepatnya di sisi utara Jalan Ir H Juanda.

"(Pesan dari pengeras suara) mengimbau kepada penumpang agar tidak mengambil menurunkan penumpang di pinggir jalan. Mengimbau untuk tertib lalu lintas. Kemudian parkirnya di dalam, lay-by," ujar Ojo.

Ada tiga titik yang menjadi fokus polisi dalam menertibkan ojol. Titik tersebut menjadi tempat langganan ojol dan penumpang bertransaksi. "Pertama di titik temu penumpang dan ojol di Indomaret (Jalan Ir H Juanda). Kedua, Indomaret di Jalan Perjuangan, ketiga di Pospol Bulan-bulan," ujar Ojo.


Polisi, menurut Ojo, akan memfasilitasi tenda serta kursi bagi para ojol beristirahat. Fasilitas tersebut juga dapat dimanfaatkan penumpang ketika menunggu ojek.

Sejumlah petugas kepolisian bersama Dishub Bekasi akan menjaga dan mensterilkan area Jalan Ir H Juanda dari ojol. "iya (petugas mengawasi), pada saat jam-jam macet jam 7 jam 8 pagi. Kemudian sore jam 5 dan jam 6. Sekarang kita sosialisasi petugasnya ada Dishub 4 (personel), dari kepolisian juga 4 (personel). Gantian 4-4," ujar Ojo.

Polisi Pasang Pengeras Suara Tertibkan Ojol di Stasiun BekasiPengeras suara di sekitar Stasiun Bekasi untuk menertibkan ojek online. (Isal Mawardi/detikcom)

Pantauan detikcom, tampak pengeras suara memang terpasang di tiga titik di sekitar Stasiun Bekasi. Sejumlah petugas kepolisian dan Dishub Kota Bekasi tampak bersiaga di sekitar Stasiun Bekasi. Meski begitu, sejumlah ojek online tampak masih mangkal di depan minimarket.

"Pengemudi online agar tidak parkir di sembarang tempat. Gunakan tempat menunggu penumpang yang disediakan untuk Anda. Begitu pula dengan pengguna kendaraan online, agar naik kendaraan online di tempat yang sudah disediakan. Tidak naik kendaraan online di pinggir jalan. Tempat disediakan di parkiran Stasiun Bekasi, di belakang pos lalu lintas Bulan-bulan dan di halaman pabrik metal di Jalan Perjuangan. Mari kita ciptakan tertib lalin di Kota Bekasi," demikian bunyi rekaman di pengeras suara itu.

Simak Video "Driver Ojol yang Lecehkan Penumpang di Surabaya Ditangkap!"
[Gambas:Video 20detik]

(isa/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed