detikNews
2019/07/17 19:30:55 WIB

Round-Up

Postingan Youtuber Rius Jadi Persoalan Serius

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Postingan Youtuber Rius Jadi Persoalan Serius Foto: Instagram dan YouTube Rius Vernandes
Jakarta - Postingan YouTuber Rius Vernandes jadi persoalan serius. Foto 'menu' maskapai Garuda Indonesia dalam penerbangan kelas bisnis rute Sydney-Denpasar bikin Rius berurusan dengan kepolisian.

Rius dilaporkan Serikat Karyawan Garuda Indonesia (Sekarga) karena mengunggah menu tulisan tangan ke media sosialnya. Ketua Harian Sekarga Tomy Tampatty menilai posting-an atau unggahan tersebut merugikan perseroan.

"Ada beberapa karyawan Garuda Indonesia yang juga sebagai anggota Sekarga yang mewakili Sekarga telah memasukkan pengaduan kepada pihak kepolisian atas perbuatan yang berdampak terhadap reputasi perusahaan tempat kami bekerja," kata Tomy dalam keterangannya, Rabu (17/7).


Tomy menyebut pelaporan ini dilakukan karena adanya dampak kerugian yang dialami perusahaan dari unggahan YouTuber yang kerap mengunggah konten ulasan maskapai itu. Polisi sejatinya memanggil Rius ke Polres Bandara Soekarno-Hatta pukul 10.00 WIB, Rabu (17/7), namun ditunda karena permintaan terlapor. Meski demikian, polisi mengaku sudah memeriksa empat orang saksi dalam kasus 'menu Garuda' ini.

"Terkonfirmasi yang bersangkutan (Rius Vernandes) datang (pada) Selasa, 23 Juli 2019, karena pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan," ujar Kasat Reskrim Polres Bandara Soekarno-Hatta, AKP Akhmad Alexander Yurikho.

Meski demikian, polisi mengaku sudah memeriksa empat orang saksi dalam kasus 'menu Garuda' ini.

Selain berujung laporan polisi, unggahan Rius menuai pro-kontra karena dikait-kaitkan dengan maskapai luar negeri. Pihak Rius membantahnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com