detikNews
Rabu 17 Juli 2019, 18:19 WIB

Dino Patti Djalal Akui Pernah Berniat Undang Rich Brian

Danu Damarjati - detikNews
Dino Patti Djalal Akui Pernah Berniat Undang Rich Brian Dino Patti Djalal (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Kritikan Dino Patti Djalal terhadap Rich Brian ditanggapi Ali Mochtar Ngabalin. Ngabalin selaku pihak Istana Kepresidenan mengungkit Dino, yang dulu pernah mengundang Rich Brian ke acaranya. Dino menyatakan undangan itu baru sebatas niat yang akhirnya dibatalkan.

"Dulu pernah kepikiran untuk mengundang Rich Brian ke suatu acara pemuda diaspora tahun lalu," kata Dino kepada wartawan, Rabu (17/7/2019).


Lewat akun Twitter-nya, Dino Patti Djalal pada 19 April 2018 mencoba mencari cara untuk menghubungi Brian. Dia ingin menghadirkan Brian ke acara Supermentor Los Angeles, Amerika Serikat, pada pengujung April tahun itu. Saat itu Dino mencuit dalam bahasa Inggris, yang artinya, "Kami tengah berusaha mencari rapper Indonesia @richbrian untuk mengundang dia berbicara pada acara Supermentor Los Angeles pada pengujung April, bersama saya dan @ridwankamil. Adakah yang bisa membantu?".



Namun niatan mengundang Brian itu dibatalkannya begitu tahu Brian sering mencuitkan kata-kata yang, menurut Dino, tidak pantas. "Begitu saya membaca tweet yang bersangkutan yang bernada jorok, niat itu dibatalkan," kata Dino, yang merupakan pendiri lembaga Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) ini.


Sebelumnya, Ngabalin, yang merupakan Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden (KSP) menyayangkan kritikan Dino terhadap Brian. Ngabalin lantas mengungkit undangan Dino ke Brian tahun lalu itu.

"Saya sungguh-sungguh sangat menyayangkan kalau Mas Dino bisa mengeluarkan statement seperti itu. Kenapa berubah?" kata Ngabalin, sebelumnya.


Ngabalin mengakui Dino pastilah tidak sembarangan berusaha mengundang Rich Brian waktu itu. Soalnya, Dino punya kapasitas mumpuni. Dino pernah menjadi Wakil Menteri Luar Negeri, pernah menjadi Duta Besar AS, dan pernah menjadi juru bicara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Namun kini Dino mengkritik Rich Brian sebagai sebagai sosok yang tak bisa menjadi teladan generasi muda Indonesia. Soalnya, Brian dinilainya kerap mencuit menggunakan kalimat jorok, porno, kasar, dan merendahkan wanita. Kritik itu dicuitkan Dino pada 16 Juli 2019. Sebelumnya, Brian telah memenuhi undangan Presiden Jokowi dan bertemu dengan Jokowi di Istana Kepresidenan.

Dino menilai gaya cuitan rapper bernama asli Brian Imanuel Soewarno itu memang wajar untuk budaya tertentu di AS. Namun, dia menilai itu tak baik untuk masyarakat Indonesia.

"Saya kan bicara sebagai seorang Indonesia dan sebagai orang tua," kata Dino.

Dia menyebutkan istilah-istilah dalam bahasa slang Inggris yang tak patut namun dipakai di cuitan Brian. "Dan itu dibaca anak-anak kecil, yang sebagian akan meniru dan mengulang kata-kata tersebut. Dalam konteks budaya Indonesia, sangat tidak baik," tandas Dino.


Dino Patti Djalal Akui Pernah Berniat Undang Rich Brian


Simak Video "Dino Patti Djalal Sebut Rich Brian Bukan Panutan"
[Gambas:Video 20detik]

(dnu/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com