detikNews
Rabu 17 Juli 2019, 17:58 WIB

Jadwal Rapimgab Belum Jelas, M Taufik: Pemilihan Wagub DKI Bisa Molor

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jadwal Rapimgab Belum Jelas, M Taufik: Pemilihan Wagub DKI Bisa Molor Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik. (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Jadwal Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta belum jelas hingga kini. Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik menyebut kemungkinan jadwal pemilihan Wagub DKI mundur.

"Itu Sekwan (Sekretaris Dewan) yang ngatur jadwalnya, koordinasi antar-rapat. Kemungkinan (pemilihan) bisa mundur," ucap M Taufik ketika dihubungi, Rabu (17/7/2019).


Paripurna pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta telah dijadwalkan oleh Pansus pada 22 Juli 2019. Sementara itu, kepengurusan anggota Dewan 2014/2019 berakhir pada Agustus 2019.

M Taufik tidak masalah jika pemilihan dilakukan oleh kepengurusan Dewan 2019-2024. Kepengurusan selanjutnya bisa menggunakan draf tata tertib (tatib) yang saat ini telah selesai dibahas.

"Dewan yang memilih bukan orang lain. Kalau nanti Dewan baru, tinggal lanjutkan tatib yang sekarang," ucap Taufik.


Sementara itu, Wakil Ketua Pansus Pemilihan Wagub Bestari Barus mengaku tidak bertanggung jawab mengatur jadwal rapim. Bestari mengatakan pansus tidak mengatur jadwal rapat.

"Tanya Sekwan, Sekwan yang ngatur, Pansus tidak mengatur itu (rapat), yang mengatur rapat itu Sekwan," ucap Bestari saat dimintai konfirmasi terpisah.

Bestari menyebut tugasnya membuat draf tata tertib telah selesai. Draf tinggal disahkan Rapimgab untuk selanjutnya dibawa ke rapat paripurna untuk disetujui.

"Pansus sudah selesai mengerjakan tugas, hanya tinggal terpulang kepada pimpinan DPRD untuk Rapimgab. Rapimgab hanya untuk pengesahan, persetujuan nanti pengesahannya di paripurna. Tahapan menuju paripurna harus melalui Rapimgab," ucap Bestari.

Sampai saat ini, Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD DKI Jakarta M Yuliadi belum memberikan keterangan tentang masalah jadwal Rapimgab tersebut.

Rapimgab awalnya dijadwalkan pada Rabu (10/7) tapi ditunda menjadi Senin (15/7) karena banyak anggota Dewan yang tidak masuk. Pada Senin (15/7), rapat juga ditunda menjadi Selasa (16/7) karena sebagian besar pimpinan kelengkapan Dewan tidak hadir.

Pada Selasa (16/7), Rapimgab juga kembali kembali diundur. Pansus pemilihan Wagub DKI menyebut Sekretaris Dewan tidak mengatur jadwal dengan baik.

"Tertundanya acara Rapimgab kali ini sekali lagi karena Sekwan (Sekretaris Dewan, Yuliadi) kurang cakap dalam mengatur jadwal. Sehingga hari ini sepertinya tidak dapat dilaksanakan," ucap Ketua Pansus Pemilihan Wagub DKI Jakarta, M Ongen Sangaji, di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Selasa (16/7).

Simak Video "Syaikhu Sebut Gerindra Tak Punya Etika Politik, Sandi: Bolanya di PKS"
[Gambas:Video 20detik]

(aik/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com