detikNews
Rabu 17 Juli 2019, 17:48 WIB

Emirsyah Satar Tersangka Suap Tak Ditahan Usai Diperiksa KPK

Haris Fadhil - detikNews
Emirsyah Satar Tersangka Suap Tak Ditahan Usai Diperiksa KPK Emirsyah Satar (kemeja biru) tak ditahan usai diperiksa KPK, Rabu (17/7/2019). (Haris/detikcom)
Jakarta - KPK kembali memeriksa Emirsyah Satar tersangka kasus dugaan suap pembelian mesin pesawat dari Rolls-Royce. Setelah diperiksa, Emirsyah, yang telah diumumkan sebagai tersangka sejak 2017, belum ditahan KPK.

Pantauan detikcom, Emirsyah terlihat keluar dari gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (17/7/2019) pukul 17.25 WIB, mengenakan kemeja berwarna biru.




Pengacara Emirsyah, Luhut Pangaribuan, menyebut kliennya ditanya soal rekening dalam pemeriksaan hari ini. Dia menyebut kliennya memang memiliki rekening di Singapura.

"Ada satu rekening yang ditanyakan dan memang itu betul (ada) dan sudah dikatakan ya. Ada di Singapura ya," kata Luhut.

Ini pemeriksaan kedua Emirsyah sebagai tersangka dalam bulan ini. Dia sebelumnya diperiksa pada Rabu (10/7).




Penyidikan kasus dugaan suap terhadap Emirsyah ini sedang dikebut oleh KPK. Targetnya, penyidikan terhadap Emirsyah sudah tuntas pada awal Agustus 2019.

Emirsyah merupakan mantan Dirut PT Garuda Indonesia. Dia ditetapkan sebagai tersangka karena diduga menerima suap dari Soetikno Soedarjo selaku beneficial owner Connaught International Pte Ltd.

Soetikno diduga memberi suap dalam bentuk uang senilai 1,2 juta euro dan USD 180 ribu serta barang senilai USD 2 juta yang tersebar di Singapura dan Indonesia. KPK juga menemukan dugaan aliran dana lintas negara yang diduga masih terkait dengan tersangka dalam kasus ini.

Simak Video "Demo Usai, Jalan Medan Merdeka Barat Kembali Normal"
[Gambas:Video 20detik]

(haf/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com