detikNews
Rabu 17 Juli 2019, 17:04 WIB

Pemprov DKI Lapor Menko Polhukam-KSP soal Pencari Suaka

Arief Ikhsanudin - detikNews
Pemprov DKI Lapor Menko Polhukam-KSP soal Pencari Suaka Foto: Pencari suaka di Kalideres, Jakarta Barat (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melaporkan masalah pencari suaka di lahan eks Kodim Jakarta Barat, Kalideres, Jakarta Barat, ke Menko Polhukam Wiranto dan Kantor Staf Kepresidenan. Hal yang dibahas mengenai kondisi dan kemungkinan pemindahan lokasi pengungsian.

"Kalau memang kondisinya masih mereka butuhkan, kita pasti kan kita perpanjang lagi (di Kalideres), sambil mencari lokasi yang layak bagi mereka. Ini sudah ditarik ke tingkat nasional," ucap Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI Jakarta Taufan Bakri, saat dihubungi, Rabu (17/7/2019).

"Saya sudah lapor ke Menko Polhukam dan ke Staf Kepresidenan. Ini kita diundang rapat di Staf Kepresidenan," sambung Taufan.


Saat ini, Dinas Sosial sudah menyatakan melanjutkan bantuan logistik untuk pencari suaka. Namun, secara anggaran, Taufan belum paham.

"Saya nggak paham kalau anggaran. Yang pasti, Dinsos akan meng-covernya sesuai perintah Pak Sekda, membantu mereka, kalau anggarannya aku nggak paham," ucap Taufan.


Menurut Taufan, Pemerintah DKI hanya membantu tempat karena diatur dalam Perpres 125 tahun 2016 tentang Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri. Hal itulah yang perlu dipahami oleh warga sekitar pengungsian yang menolak adanya pencari suaka.

"Kalau kita jelaskan pada mereka bahwa kan kita sekarang membantu orang. Kenyataannya pasti terganggu di sana. Dan mengorbankan yang terganggu itu, dia menyadari bahwa ini juga penting, kan dunia Internasional akan menyorot yang minta bantuan kan PBB," ucap Taufan.

Simak Video "Pencari Suaka Huni Trotoar Kebon Sirih: Tolong, Bantu Kami"
[Gambas:Video 20detik]

(aik/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com