detikNews
Rabu 17 Juli 2019, 16:54 WIB

Ketua DPRD Depok Tertawakan Lagu di Lampu Merah: Ide Konyol

Matius Alfons - detikNews
Ketua DPRD Depok Tertawakan Lagu di Lampu Merah: Ide Konyol Ilustrasi (Foto: Matius Alfons/detikcom)
Jakarta - Ketua DPRD Kota Depok Hendrik Tangke Allo mengkritik wacana pemutaran lagu pesan tertib lalu lintas di lampu merah. Wacana itu disebut konyol.

"Kalau ide itu saya ketawa juga pertama. Kalau ide itu lagi-lagi sebagai kebijakan untuk solusi atasi kemacetan yang menghilangkan stres bagi warga saya pikir idenya kurang tepat," kata Hendrik kepada wartawan di Pancoranmas, Depok, Rabu (17/7/2019).

Hendrik mengatakan pemutaran lagu lewat pengeras suara lebih cocok dilakukan di taman kota atau alun-alun sehingga warga yang datang ke alun-alun menjadi lebih rileks.


"Kalau mau muter lagu-lagu daerah dan nasional bukan di lampu merah. Lebih baik itu dibuat dan dipasang di taman kota, alun-alun, jadi masyarakat yang datang bisa sambil dengerin lagu," katanya.

"Kalau di lampu merah, ide ini agak konyol juga kalau tujuannya untuk atasi stres bagi pengendara yang memang selama ini sudah merasakan macet luar biasa," imbuh Hendrik.

Memasang lagu di lampu merah, menurutnya, bukan solusi untuk mengurangi stres. Hendrik khawatir macet malah makin parah karena pengendara betah mendengar lagu.

"Jadi kalau ide di lampu merah pasang lagu untuk mengurangi rasa stres bukan solusi. Bahkan itu bisa tambah macet karena orang betah denger itu," tuturnya.


Kadishub Depok Dadang Wihana mengatakan program memutar lagu di lampu merah merupakan penerapan konsep Joyfull of Traffic Management (JoTram). Menurutnya, program ini merupakan sebuah manajemen rekayasa lalu lintas yang salah satunya bertujuan menyampaikan pesan-pesan ketertiban berlalu lintas.

Soal penjelasan Kadishub, Hendrik tidak sependapat. Menurutnya, Pemkot Depok seharusnya turun ke jalan untuk penyampaian sosialisasi tertib berlalu lintas.

"Iya itu tempatnya nggak tepat, untuk apa, lebih baik kalau berhati-hati berkendara dia turun ke masyarakat, sosialisasi, kampanye. Kalau hanya masang lagu di lampu merah agar didengar orang orang agar tidak stres itu bukan solusi," katanya.



'Hati-hati', Lagu Walkot Depok yang akan Dipasang di Traffic Light, Tonton Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(mea/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com