detikNews
Rabu 17 Juli 2019, 16:49 WIB

KPU Resmi Copot Dua Komisioner dari Jabatan Ketua Divisi

Dwi Andayani - detikNews
KPU Resmi Copot Dua Komisioner dari Jabatan Ketua Divisi Gedung KPU (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - KPU menindaklanjuti putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) terkait pencopotan dua komisioner, yakni Ilham Saputra dan Evi Novida Ginting Manik, dari jabatan ketua divisi. KPU menyebut saat ini kedua komisioner tersebut telah resmi dicopot sebagai ketua divisi.

"Prinsipnya putusan DKPP terkait dengan Pak Ilham dan Bu Evi sudah dilaksanakan diberhentikan dari divisi kan sudah," ujar Komisioner KPU Wahyu Setiawan di kantor DKPP, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (17/7/2019).


Wahyu mengatakan pemberhentian telah dijalankan sesuai dengan keputusan DKPP. Namun dia menyebut posisi divisi baru untuk Ilham dan Evi belum ditetapkan.

"Perintahnya sudah kita laksanakan karena perintahnya diberhentikan dari divisi ini dan divisi ini, sudah kita laksanakan. Tetapi untuk pengambilan keputusan posisi divisi baru beliau berdua, itu yang belum," kata Wahyu.

Wahyu mengatakan penetapan divisi baru untuk Ilham dan Evi akan dilakukan berdasarkan hasil koordinasi. Dia memastikan penetapan divisi baru untuk kedua komisioner itu akan dilakukan secara objektif.


"Kita berembuk divisi itu kan tentu terkait dengan kompetensi, pengalaman, minat kan begitu sehingga kenapa kemudian divisinya dibagi sedemikian rupa, karena orang punya rekam jejak," kata Wahyu.

"Mungkin Pak Ilham lama di divisi teknis, Bu Evi lama ngurus SDM, sehingga penempatannya berdasarkan apa pertimbangan-pertimbangan objektif rasional," sambungnya.


Evi membenarkan bahwa telah diberhentikan sebagai Ketua Divisi SDM.

"Ya, secara resmi sudah diberhentikan dari divisi," terang Evi saat dimintai konfirmasi terpisah.

Sebelumnya diberitakan, DKPP mencopot dua komisioner dari ketua divisi karena diputus melakukan pelanggaran kode etik penyelenggaraan pemilu. Ilham dicopot dari Ketua Divisi Teknis, sedangkan Evi dari jabatan Ketua Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Diklat, dan Litbang.

Simak Video "Dicopot dari Ketua Divisi, Komisioner KPU Ilham: Sudah Konsekuensi"
[Gambas:Video 20detik]

(dwia/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed