PKB Ingin Tambah Kursi Menteri: Kalau Sama Saja Rugi, Kalau Kurang Celaka

Tsarina Maharani - detikNews
Rabu, 17 Jul 2019 15:37 WIB
Jazilul Fawaid (Gibran Maulana Ibrahim/detikcom)
Jakarta - PKB ingin jatah kursi menteri untuk mereka bertambah di kabinet Joko Widodo (Jokowi) periode 2019-2024. Menurut PKB, rugi jika mereka mendapatkan jumlah kursi menteri yang sama seperti periode ini.

"Mudah-mudahan PKB lebih beruntung. Artinya, kalau kemarin dapat katakanlah empat, besok nambah, itu beruntung. Kalau sama-sama saja, ibarat usaha masih rugi. Tapi kalau berkurang, itu celaka," kata Ketua DPP PKB Jazilul Fawaid di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (17/7/2019).



Diketahui, di kabinet Jokowi 2014-2019, ada empat menteri dari PKB. Mereka adalah Menristekdikti M Nasir, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Pembangunan Desa Eko Putro S, serta Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

Jazilul menjelaskan PKB memang menargetkan tambahan kursi di sejumlah posisi strategis. Ia mengatakan hal ini demi mengakomodasi kepentingan konstituen PKB.

"PKB tentu ingin memastikan kepada konstituennya bahwa 2019 ini selain ada kenaikan kursi yang signifikan, juga katakanlah mendapat posisi strategis dan tambahan. Itu yang diharapkan," ucapnya.



Namun Jazilul enggan membicarakan nama-nama. Dia mengatakan PKB menyerahkan hal itu kepada Jokowi.

"Itu Pak Jokowi semua yang merumuskan. PKB hanya menyiapkan saja kader-kadernya. Kalau soal nomenklatur ini urusan Pak Jokowi, tinggal dicocokkan saja," ujar Jazilul.

Simak Video "Ramai Massa Penjemput Rizieq, PKB: Tanda Dicintai Pengikutnya"
[Gambas:Video 20detik]
(tsa/knv)