detikNews
Rabu 17 Juli 2019, 14:16 WIB

Tim Teknis Kasus Novel Dipimpin Kabareskrim, Densus 88 Ikut Serta

Audrey Santoso - detikNews
Tim Teknis Kasus Novel Dipimpin Kabareskrim, Densus 88 Ikut Serta Irjen M Iqbal (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Tim Pencari Fakta (TPF) kasus Novel Baswedan memberi rekomendasi kepada Kapolri membentuk tim teknis spesifik untuk mencari 3 orang. Tim ini akan dipimpin Kabareskrim.

"Tim teknis lapangan akan segera dibentuk, dipimpin oleh Bapak Kabareskrim akan segera menunjuk seluruh personel dalam tim dengan kapasitas terbaik, yang dididik untuk melakukan scientific investigasi, tim ini melibatkan satker-satker yang sangat profesional, seperti tim interogator, surveillance, Inafis, pusiden, bahkan Densus 88 diturunkan," kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen M Iqbal dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jaksel, Rabu (17/7/2019).


Iqbal mengatakan tim teknis spesifik ini hanya bisa dibentuk dari personel-personel Polri dan tak mungkin dibentuk oleh institusi lain. Tim ini bisa bekerja di luar metode-metode umum.

Tim teknis spesifik tersebut akan diberi waktu bekerja selama 6 bulan. Tugasnya, seperti rekomendasi dari TPF, mencari 1 orang tak dikenal yang pernah menyambangi rumah Novel dan mencari dua orang yang berada di atas motor di dekat masjid tempat Novel biasa salat.

"Kita sangat serius untuk mengungkap peristiwa ini," ujar Iqbal.

"Teman-teman Polda Metro sudah memeriksa 74 saksi dan melakukan wawancara terhadap 40 orang, 38 CCTV sudah diperiksa, melibatkan kepolisian negara lain AFP, 114 toko bahan kimia juga kita periksa, bahkan tim eksternal dilibatkan, tim asistensi dari KPK," urai Iqbal.

Simak Video "Tanggapi Hasil TPF Kasus Novel, Jokowi 'Kejar' Kapolri "
[Gambas:Video 20detik]

(tor/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com