detikNews
Rabu 17 Juli 2019, 13:54 WIB

Diisukan Jadi Menko Perekonomian, Ini Respons Airlangga

Tsarina Maharani - detikNews
Diisukan Jadi Menko Perekonomian, Ini Respons Airlangga Airlangga Hartarto (Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto diisukan akan menempati kursi Menko Perekonomian pada periode kedua pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). Airlangga didapuk menjadi Menko Perekonomian berdasarkan dokumen 'Risalah Rapat Pengangkatan Menteri Pembantu Presiden dalam Kabinet Kerja Jilid II Periode 2019-2024'. Bagaimana respons Airlangga?

"Wah, itu hak prerogatif presiden," ujar Airlangga saat dimintai tanggapan di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (17/7/2019).




Airlangga menyebut koalisi Jokowi-Ma'ruf Amin belum melakukan pembahasan secara spesifik calon menteri untuk kabinet periode kedua.

"Belum (ada pembahasan). (Penyusunan kabinet) itu semua tergantung Pak Presiden ya," kata dia.

Dokumen bertajuk 'Risalah Rapat Pengangkatan Menteri Pembantu Presiden dalam Kabinet Kerja Jilid II Periode 2019-2024' memang beredar ke publik. Dokumen tersebut memuat nama-nama menteri Jokowi periode kedua.




Yusril Ihza Mahendra, yang disebut akan menjabat Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM), telah menyatakan dokumen tersebut hoaks. Yusril yakin itu hoaks karena dokumen itu menyatakan rapat pembahasan menteri-menteri pembantu Jokowi digelar di Bogor.

"Sebab, tidak ada pertemuan di Sentul membahas kabinet antara Pak Jokowi dengan para sekjen partai koalisi seperti ditulis dalam lembaran di atas," jelasnya.


Ini yang Dibahas Majelis Etik Golkar saat Rapat dengan Airlangga:

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Senyum Luhut Saat Ditanya Kemungkinan Dirinya Jadi Menteri Lagi"
[Gambas:Video 20detik]

(tsa/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com