detikNews
Rabu 17 Juli 2019, 13:26 WIB

Polisi Periksa 4 Orang di Kasus 'Menu Garuda' YouTuber Rius Vernandes

Adhi Indra P - detikNews
Polisi Periksa 4 Orang di Kasus Menu Garuda YouTuber Rius Vernandes Foto: Instagram dan YouTube Rius Vernandes
Jakarta - Polisi sudah meminta keterangan pelapor dan sejumlah saksi atas laporan terhadap YouTuber Rius Vernandes. Rius Fernandes dipolisikan karena posting-an menu makanan maskapai Garuda yang ditulis di kertas ke akun media sosial.

"Kami sudah memeriksa dari pihak pelapor dan saksi-saksinya 4 orang," kata Kapolres Bandara Soekarno-Hatta Kombes Victor Togi Tambunan di Mapolres Bandara Soetta, Tangerang, Rabu (17/7/2019).

YouTuber Rius Vernandes dilaporkan Serikat Karyawan Garuda Indonesia (Sekarga). Mereka keberatan atas posting-an menu tulisan tangan yang dinilai merugikan maskapai Garuda Indonesia.




"Kami menerima pelaporan terkait adanya pelaporan penghinaan dan pencemaran nama baik menggunakan alat elektronik dalam hal ini media sosial," sambung Victor.

Rius Vernandes sedianya dimintai keterangan di Polres Bandara Soetta hari ini. Namun Rius Vernandes meminta penjadwalan ulang pemanggilan karena kegiatan lain.

"Kami memang sudah mengirimkan undangan klarifikasi terhadap terlapor untuk hari ini sebenarnya, namun terlapor sudah konfirmasi karena ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan akan hadir pada tanggal 23 Juli hari Selasa minggu depan," kata Victor.




Sebelumnya, Ketua Harian Sekarga Tomy Tampatty menyebut posting-an YouTuber Rius Vernandes soal menu makanan ditulis dalam kertas menyebabkan kerugian bagi perseroan. Rius dalam akun Instagram-nya mem-posting menu tulisan tangan maskapai Garuda penerbangan kelas bisnis rute Sydney-Denpasar.

"Laporan tersebut disampaikan dan didasari atas dampak kerugian yang dialami oleh perusahaan tempat kami bekerja atas unggahan posting-an di media sosial yang tidak proporsional mengenai peristiwa yang terjadi sehingga menimbulkan persepsi negatif kepada masyarakat atas layanan Garuda Indonesia sebagai National Flag Carrier Indonesia," ujar Tomy.

Sedangkan Rius Vernandes menegaskan akan menghormati proses hukum. Rius Vernandes menegaskan tidak pernah melakukan pencemaran nama baik.

"Gw akan menghormati segala peraturan hukum yang ada dan akan menjalani semua ini. Gw sama sekali tidak merasa mencemarkan nama baik. Gw tidak takut. Tapi tidak ada kah cara yang lebih kekeluargaan dalam menyelesaikan masalah ini?" ujar Rius dalam akun Instagram miliknya, @rius.vernandes.


Ini Review YouTuber Terkait Laporan Karyawan Garuda ke Polisi:

[Gambas:Video 20detik]




(fdn/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com