detikNews
Rabu 17 Juli 2019, 12:28 WIB

10 Fakta Dino Patti Djalal yang Sebut Rich Brian Bukan Rapper Panutan

Niken Widya Yunita - detikNews
10 Fakta Dino Patti Djalal yang Sebut Rich Brian Bukan Rapper Panutan 10 Fakta Dino Patti Djalal yang Sebut Rich Brian Bukan Rapper Panutan/Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Dino Patti Djalal menjadi perbincangan karena menyebut Rich Brian bukan rapper panutan. Siapa Dino Patti Djalal? Ini faktanya.

Jagad Twitter ramai dengan komentar Dino Patti Djalal. Dino menyebut Rich Brian musisi rapper yang sukses mengembangkan karier musiknya secara internasional dan pernah bertemu Presiden Jokowi bukan rapper panutan. Ucapan Dino tersebut menuai banyak tanggapan.

Apa lagi fakta Dino? Berikut fakta-fakta Dino Patti Djalal seperti dirangkum dari berbagai sumber:



1. Anak Mantan Diplomat

Dino merupakan anak diplomat. Ayahnya, Hasyim Djalal, merupakan diplomat ulung.

2. Menempuh Pendidikan di Amerika Serikat

Dino menempuh pendidikan di SD dan SMP Al Azhar, kemudian melanjutkan pendidikan ke McLean High School, Amerika Serikat. Setelah itu Dino menempuh pendidikan S-1 ke Universitas Carleton. Gelar M.A. diraihnya dari Universitas Simon Fraser di Kanada hingga meraih gelar doktor bidang hubungan internasional di London School of Economics and Political Science.

3. Mantan Wakil Menlu

Dino pernah menjabat Wakil Menteri Luar Negeri RI pada 14 Juli hingga 20 Oktober 2014. Pria kelahiran Beograd, Yugoslavia, 10 September 1965 ini memulai kariernya tahun 1987 ketika masuk Departemen Luar Negeri (sekarang Kemlu). Dia menjabat Jubir Satgas P3TT (Pelaksana Penentuan Pendapat di Timor Timur), Kepala Departemen Politik KBRI Washington, dan Direktur Amerika Utara dan Tengah Departemen Luar Negeri. Selain itu dia menjabat sebagai Direktur Urusan Amerika Utara dan Amerika Tengah di Kemlu.

4. Mantan Jubir Presiden

Dino pernah menjabat juru bicara Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono. Dia menjabat bersama Andi Mallarangeng.

Video:Dikritik Dino Patti Djalal, Rich Brian Dipuji BEKRAF hingga Jokowi

[Gambas:Video 20detik]



5. Mantan Dubes RI Untuk Amerika Serikat

Dino Patti Djalal juga pernah menjadi Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat. Pria 53 tahun itu dilantik pada 10 Agustus 2010 oleh Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Dino kemudian mengundurkan diri pada September 2013 untuk mengikuti Konvensi Calon Presiden dari Partai Demokrat.

6. Punya 3 Anak

Dino memiliki istri bernama Rosa Raj Djalal, yang berprofesi sebagai dokter gigi. Dari pernikahan dengan Rosa, Dino dikaruniai tiga orang anak dengan nama Alexa Saraswati Djalal, Keanu, dan Chloe.



7. Luncurkan Buku

Dino Patti Djalal meluncurkan Buku 'Nasionalisme Unggul: Bukan Hanya Slogan' pada 2013. Buku itu berisi ide-ide Dino mengenai nasionalisme bagi generasi penerus bangsa untuk menjadikan Indonesia sebagai raksasa Asia.

8. Punya Follower Banyak di Instagram

Dino Patti Djalal memiliki follower banyak di Instagram-nya. Ada 20.100 followernya di Instagram-nya yakni @dinopattidjalal.

Selain Instagram, Dino memiliki akun Twitter @dinopattidjalal. Follower di Twiiternya yakni 372.700.

9. Pendiri FPCI

Dino sekarang merupakan pendiri Foreig Policy Community of Indonesia (FPCI). FPCI berkantor di Jalan Jenderal Sudirman, Setiabudi, Jakarta Selatan.

10. Sorot Rich Brian

Dino mengkritik Rich Brian melalui Twitternya. Rich Brian merupakan rapper yang sukses mengembangkan karier musiknya secara internasional. Rich Brian pernah diundang bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

"Maaf, walaupun ia mungkin berprestasi, saya sbg seorang ayah memandang rapper diaspora Rich Bryan BUKAN panutan / tauladan bagi pemuda Indonesia, mengingat tweetnya yg sering bernada jorok, porno, kasar dan kadang merendahkan wanita," cuit Dino.

Sontak saja, ucapan Dino Patti Djalal menuai banyak tanggapan. Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf yang menginisiasi pertemuan Jokowi dengan Rich, membela anak muda itu.

"Luar biasa, itu anak rendah hati. Baik sekali. Makanya kalau orang yang kenal Rich Brian, membaca oleh yang dikatakan dia (Dino) itu, ya akan sangat, apalagi fans-nya sakit hati. Saya selalu bilang hati-hati kalau nge-tweet. Think before you tweet," ujar Triawan saat dihubungi, hari ini.

Menurut Triawan, Rich Brian memiliki talenta yang baik sebagai musisi dan menjunjung tinggi nasionalisme. Terlebih, Rich Brian sempat meniti karier dari usia yang sangat muda.






(nwy/lus)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com