detikNews
Rabu 17 Juli 2019, 08:00 WIB

Round-Up

Suara Wali Kota untuk Pengendara di Lampu Merah Depok

Tim detikcom - detikNews
Suara Wali Kota untuk Pengendara di Lampu Merah Depok Wali Kota Depok M Idris. (Foto: Matius Alfons/detikcom)
Depok - Suara nyanyian Wali Kota Depok M Idris Abdul Somad akan membahana di lampu merah Kota Depok. Sang Wali Kota akan menghibur para pengendara dengan lagu yang mengandung pesan agar tertib lalu lintas. Cara ini dinilai bisa mengurangi tingkat kestressan pengendara yang terjebak macet.

Usul ini pertama kali muncul ketika kemacetan Depok sudah dianggap parah. Kemacetan bahkan semakin parah ketika akhir pekan tiba. Kemacetan ini pun membuat stress para pengendara. Maka untuk mengatasi masalah ini, Pemkot Depok akan memutarkan lagu di lampu merah.

"Iya itu termasuk bagian dari mengatasi kemacetan, biar menghibur," kata Wali Kota Depok M Idris Abdul Somad, Sabtu (13/7/2019).


Selain itu, Idris menjelaskan, lagu yang diputar akan jadi teman penghibur para pengendara. Isi lagunya sendiri sarat akan pesan tertib lalu lintas.

"Lagunya bukan lagu yang gimana, tetapi lagu sosialisasi masalah tertib lalu lintas. Aransemennya sudah ada," kata Idris.

Idris mengungkap, lagu tersebut segera dipasang di Simpang Ramanda. Lampu merah di Simpang Ramanda dipilih karena peralatannya sudah cukup lengkap.

"Kita pasang di Ramada dulu karena di situ tools-nya sudah lengkap, ada CCTV, kemudian ada speakernya juga," kata idris.

CCTV di lampu merah Ramada juga sudah terkoneksi ke command center. Sehingga, petugas bisa melakukan pengawasan terhadap para pengguna jalan di lokasi tersebut. Jika cara ini terbukti efektif bisa menghibur para pengendara, maka lagu juga akan diputar di titik lampu merah lainnya.


Belakangan diketahui, lagu yang diputar di lampu merah itu diciptakan oleh musisi Koko Thole. Bahkan lagu yang akan diputar di lampu merah itu dinyanyikan langsung oleh Idris sendiri.

Lagu itu di-posting di akun YouTube Dishub Depok. Idris pun tidak membantah dan tidak juga membenarkan.

"Nanti ya (lagu) itu akan kita launching, kita tunggu aja ya," kata Idris kepada wartawan di Hotel Bumi Wiyata, Jalan Margonda Raya, Depok, Selasa (16/7).

Idris juga tidak mau menjawab siapa yang mendendangkan lagu tersebut. Dia malah menyuruh wartawan bertanya kepada Kadishub Depok Dadang Wihana.

"Silakan tanya Dishub itu suara siapa gitu ya," jawab Idris sambil tertawa.

Kendati demikian, lagu tertib lalu lintas itu sudah menyebar. Berikut ini lirik lagu tersebut:

Hati-hati di jalanan, jangan ugal-ugalan
Bila Naik Kendaraan, jangan kebut-kebutan

Jangan sampai orang bilang engkau pengganggu jalan
Seperti orang bingung tak tahu peraturan

Reff :
Lampu Merah kita berhenti
Lampu Kuning hati-hati
Lampu Hijau jalan lagi

Ambil jalur sebelah kiri.
Kalau nyeberang hati-hati
Tengok kanan, tengok kiri

Rambu-rambu ditaati, agar tidak salah lagi
Lampu merah kita berhenti, Lampu kuning hati-hati, lampu hijau jalan lagi

Ambil jalur sebelah kiri, kalau nyeberang hati-hati, tengok kanan tengok kiri. Rambu-rambu ditaati. Agar tidak salah lagi.


Simak Video: 'Hati-hati', Lagu Walkot Depok yang akan Dipasang di Traffic Light

Simak Video "Blak-blakan Walkot Depok: 15 Skenario Urai Kemacetan "
[Gambas:Video 20detik]

(rdp/rdp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com