detikNews
2019/07/16 22:32:59 WIB

Round-Up

Mendagri Jaga Marwah Jokowi dengan Lantik Abdullah Sani

Zakia Liland Fajriani - detikNews
Halaman 3 dari 3
Mendagri Jaga Marwah Jokowi dengan Lantik Abdullah Sani Foto: Mendagri Tjahjo Kumolo (Dok. Kemendagri)

Tjahjo berharap Abdullah dapat menjalankan tugas dan fungsinya sebagai Sekda Kaltim sebagaimana mestinya.

"Sesuai konstitusional saya sudah menjalankan Keppres, sesuai perundangan undangan dan peraturan. Tinggal Pak Sekda menjalankan amanah, saya ucapkan selamat, semoga dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya," tutup Tjahjo.

Untuk diketahui, pelantikan Abdullah sebagai Sekda Kaltim oleh Kemendagri ini juga sesuai dengan Pasal 235 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang berbunyi;

Kepala daerah mengangkat dan/atau melantik kepala Perangkat Daerah hasil seleksi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 234 ayat (4). Dalam hal kepala Daerah menolak mengangkat dan/atau melantik kepala Perangkat Daerah sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Menteri mengangkat dan/atau melantik kepala Perangkat Daerah provinsi dan gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat mengangkat dan/atau melantik kepala Perangkat Daerah kabupaten/kota.


Sementara itu, usai dilantik Mendagri Tjahjo, Abdullah mengaku tidak mau berkomentar banyak. Menurutnya, pelantikannya sudah sesuai dengan mekanisme yang ada dan tidak melanggar aturan.

"Kita lihat saja. Mudah-mudahan semua berjalan lancar. Prinsipnya adalah kita kerja profesional, kerja untuk kepentingan masyarakat banyak," kata Abdullah usai dilantik.


Abdullah mengatakan hubungannya dengan Pemprov Kaltim baik-baik saja. Intinya dia akan bekerja sebaik-baiknya dengan seluruh pejabat terkait. Selain itu, Abdullah menyebut pelantikan dirinya sudah sepengetahuan Isran.

"Ke sini saya sudah lapor, beliau suruh hadirin, beliau suruh (saya) datang," ujarnya.
(nvl/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com