detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 22:06 WIB

Round-Up

Tanpa Bukti, Serangan Balik Pablo Benua Dimentahkan Polisi

Samsuduha Wildansyah - detikNews
Tanpa Bukti, Serangan Balik Pablo Benua Dimentahkan Polisi Foto: Lamhot Aritonang/detikcom
Jakarta - Pablo Benua menyangkal terlibat dalam kasus 'ikan asin'. Suami YouTuber Rey Utami itu mencari jalan untuk bebas dari jeratan polisi, salah satunya melaporkan balik Fairuz A Rafiq dan pengacara Hotman Paris ke polisi.

Namun upayanya itu dimentahkan polisi. Polisi menyebut laporan Pablo Benua yang dilayangkan oleh pengacara Andar Situmorang itu kurang bukti.

"Ya mereka kurang bukti untuk melengkapi laporannya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada detikcom, Selasa (16/7/2019).


Untuk diketahui, laporan tersebut dikuasakan oleh Pablo Benua kepada Andar Situmorang. Namun, Argo menyebut, pelapor tidak membawa bukti-bukti yang kuat untuk membuat laporan itu sehingga petugas Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) menolak laporan Andar tersebut.

Sebelum dikeluarkan surat tanda bukti laporan (STBL), laporan tersebut akan dikonsultasikan terlebih dahulu ke penyidik untuk dikaji, apakah materi yang akan dilaporkan itu mengandung unsur pidana atau tidak.

"Semua laporan akan dikonsultasikan sama piket Reskrim. Kalau masuk unsur (pidana) akan diterima laporan tersebut," ungkap Argo.

Saat membuat laporan, Andar juga telah membawa bukti surat kuasa yang ditanda tangani oleh Pablo. Namun Argo menyebut Pablo telah mencabut kuasa atas Andar Situmorang.

"Surat kuasa yang dibawa dia ke SPKT itu tanggal berapa? Karena kan ada surat kuasa pencabutan sebagai kuasa hukum oleh Pablo dan Rey," kata Argo.




Laporan itu diajukan oleh Andar Situmorang ke SPKT Polda Metro Jaya pada Senin (15/7) kemarin. Namun Andar kemudian kecewa karena laporannya sebagai kuasa hukum Pablo Benua ditolak mentah-mentah oleh polisi dengan alasan yang tidak jelas.

"Saya sebagai pribadi pelapor Hotman, Fairuz, kuasa Pablo, saya sampaikan ke rekan-rekan bahwa sore ini Krimsus menolak laporan saya dengan alasan tidak jelas," kata pengacara Pablo, Andar Situmorang, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (15/7).

Andar menyatakan ia mendapat kuasa dari Pablo untuk melaporkan balik Fairuz dan Hotman ke polisi. Laporan itu dibuat karena Pablo merasa tidak berada di dalam vlog 'ikan asin' itu, namun dia ikut dilaporkan oleh Fairuz hingga jadi tersangka.


"Ini kan sederhana, si Pablo dilaporin sama Fairuz pasal 27. Pablo ini tidak mengeluarkan sepatah kata pun (dalam vlog). Pablo melaporkan balik, sederhana, tapi ditolak," ungkap Andar.

Andar mengatakan alasan polisi menolak laporannya itu tidak berdasar. Ia menyebut Pablo dipaksa mencabut kuasa kepada dirinya dan pembatalan itu dilakukan secara sepihak.

Dalam kesempatan itu, ia membawa barang bukti berupa flashdisk yang berisi video-video Fairuz dan Hotman terkait pelaporan Fairuz dan ucapan-ucapan keduanya di media yang menyebut Pablo bersalah. Padahal, menurutnya, Pablo tidak bersalah karena tidak berada dalam vlog itu. Karena laporannya ditolak, Andar berencana mengadu ke Propam Mabes Polri.

Kasus 'ikan asin' tidak hanya menyeret Pablo Benua. Istri Pablo, Rey Utami dan mantan suami Fairuz A Rafiq, Galih Ginanjar juga sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan.



Simak Video "Kabar Rey Utami di Bui: Berhijab hingga Tak Tega Bertemu Anak"
[Gambas:Video 20detik]

(mei/mei)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com