Amien Rais Kritik Jokowi Tak Bicara UUD '45 di Pidato Visi Indonesia

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Selasa, 16 Jul 2019 21:58 WIB
Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mengkritik pidato Visi Indonesia yang disampaikan presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi). Menurut Amien, Jokowi dalam pidatonya sama sekali tidak menyinggung UUD 1945.

"Pidato politiknya Pak Jokowi itu, di Sentul ya, memang sedikit membuat kita mengernyitkan dahi gitu ya. Mengapa tidak ada (UUD 1945), cuma ada Pancasila, tapi nggak ada UUD '45-nya," kata Amien Rais di kediamannya, Kompleks Taman Gandaria Blok C Nomor 1, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (16/7/2019).

Amien juga menyoroti isu infrastruktur yang disampaikan Jokowi dalam pidatonya.

"Kalau infrastruktur terus akan menginvestasikan besar-besaran dan lain-lain," tuturnya.

Pidato Jokowi itu disampaikan dalam acara Visi Indonesia yang digagas relawan yang digelar di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Minggu (14/7). Pertama-tama, Jokowi bicara soal dinamika global. Maka dari itu, dia mengimbau semuanya agar meninggalkan pola dan cara lama.


Jokowi juga mengatakan akan melanjutkan pembangunan infrastruktur yang sudah dimulai. Kendati demikian, Jokowi ingin menggeser fokus prioritasnya ke pembangunan sumber daya manusia.

"Bapak, Ibu, hadirin yang berbahagia. Kita harus menyadari kita harus sadar semuanya bahwa kita hidup dalam lingkungan global yang sangat dinamis. Ciri cirinya yang kita ketahui penuh kecepatan, penuh risiko, penuh kejutan yang seringkali jauh dari perhitungan kita," kata Jokowi dalam pidatonya.

Simak Video "Amien Rais Sarankan Jokowi Mundur Sebagai Presiden"
[Gambas:Video 20detik]
(nvl/nvl)