detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 21:45 WIB

Dikemas Teh China, 30 Kg Sabu dari Myanmar Disembunyikan di Dashboard

Adhi Indra Prasetya - detikNews
Dikemas Teh China, 30 Kg Sabu dari Myanmar Disembunyikan di Dashboard Foto: Penampakan sabu di dashboard mobil (dok.Polres Jakbar)
Jakarta - Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat menggagalkan penyelundupan 30 kilogram sabu dari Myanmar. Sabu itu diselundupkan melalui perairan Riau dengan dibungkus kemasan teh china.

"Paket sabu dengan berat 30 kilogram ini dikemas dalam bungkus teh hijau China," kata Kanit I Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKP Arif Oktora kepada wartawan di Mapolres Jakbar Slipi, Jakarta Barat, Selasa (16/7/2019).

Arif mengatakan, sindikat internasional ini menyembunyikan sabu tersebut di dalam dashboard mobil. Ada dua mobil yang digunakan oleh jaringan ini, salah satunya dimodifikasi untuk menyimpan sabu.

"Pakai dua mobil, satu Daihatsu Xenia dan Kijang Innova," katanya.

Mobil Innova yang digunakan pelaku berada di depan sebagai pengendali. Sementara mobil berisi sabu, Daihatsu Xenia megikuti dari belakangnya.



"Dalam rangkaian iring-iringan, dia yang paling depan, baru Daihatsu Xenia mengikuti, mobil itu yang bawa narkobanya. Narkobanya dimasukkin dalam dashboard," tuturnya.

Polisi telah mengintai jaringan ini sejak 3 bulan lalu. Jaringan ini disergap di Dumai, Riau pada Rabu (10/7) lalu.

Dalam upaya penangkapan ini polisi mendapat perlawanan. Para tersangka berusaha melarikan diri dengan mobilnya.

Aksi kejar-kejaran pun terjadi. Polisi menembaki ban mobil para pelaku untuk menghentikan pelarian sampai akhirnya mereka berhasil dilumpuhkan.

Polisi menangkap 4 orang yakni HA (26), AR (20), PA (49), dan SB (37). Jaringan ini masih dikembangkan untuk mengungkap bandarnya yang lebih besar.




Simak Video "20 Kg Sabu & 31.000 Butir Ekstasi di Ban Serep"
[Gambas:Video 20detik]

(mei/mei)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com