Mereka yang Lega Setelah Amien Beri Kesempatan Jokowi

Round-Up

Mereka yang Lega Setelah Amien Beri Kesempatan Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 16 Jul 2019 21:05 WIB
Amien Rais (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Amien Rais (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Amien Rais akan mengawasi pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin dalam 5 tahun ke depan. Sejumlah pihak pun menyambut pernyataan Amien yang mengutamakan keutuhan bangsa.

Salah satu pihak yang merespons positif sikap Amien Rais adalah Mendagri Tjahjo Kumolo. Menurut Tjahjo, sikap Amien merupakan bentuk menghargai demokrasi.

"Ya harusnya begitu dong. Menghargai proses demokrasi yang baik," kata Tjahjo saat dimintai tanggapan di Hotel Aryaduta, Jalan KKO Usman dan Harun, Jakarta Pusat, Selasa (16/7/2019).

Tjahjo juga menyinggung ketokohan Amien Rais. Dia menilai pernyataan itu sesuai dengan sosok Amien yang pernah memimpin MPR.

"Tokoh masyarakat, apalagi beliau tokoh reformis, Ketua MPR ya harusnya begitu statement-nya," ujar Tjahjo.


Partai Golkar juga mengaku lega mendengar seruan Amien Rais. Wakil Koordinator Bidang Pratama II Golkar Meutya Hafid, menilai, pernyataan Amien cukup bijak. Menurutnya, memberikan kesempatan kepada Jokowi pada 5 tahun ke depan telah sesuai dengan konstitusi.

"Saya rasa pernyataan Pak Amien hari ini cukup bijak, menyerukan persatuan dan mengajak masyarakat memberikan kesempatan kepada pak Jokowi Maruf selama 5 tahun, itu sesuai konstitusi," kata Meutya.



Waketum PAN Bara Hasibuan juga mengapresiasi sikap Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais yang memberikan kesempatan kepada presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin untuk menjalankan pemerintahan 5 tahun ke depan. Bara mengatakan pihak yang kalah memang harus memberikan kesempatan kepada pemenang.

"Ya sikap bagus kan. Ya harus kita hargailah. Memang harus begitu kan, pihak yang kalah memberikan kesempatan pihak yang menang," kata Bara di gedung DPR, Senayan.

Ketua DPP PKB Jazilul Fawaid juga menghargai Amien Rais yang akan mengawasi presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin untuk menjalankan pemerintahan 5 tahun ke depan. Meski demikian, PKB tak ingin ada hinaan atau cacian terhadap pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

"Pak Amien kan seandainya mau ngawasin atau apa tentu kita menghargai saja. Karena posisinya Pak Amien tak dalam pemerintahan, boleh ngawasi. Tapi jangan menghina-hina, membenci, mencela-cela. Kritiknya yang membangun," kata Ketua DPP PKB Jazilul Fawaid di Gedung DPR.


Jazilul menilai Amien Rais akhirnya tersadar. Dia pun berharap Amien Rais ke depannya akan memberikan kritik membangun ke pemerintah, bukan sebaliknya.

"Mungkin ada kesadaran kembali dari Pak Amien. Saya yakin demokrasi memerlukan tokoh seperti Pak Amien. Tentu lebih produktif kalau Pak Amien memberikan kritiknya dengan cara yang membangun. Kalau kritiknya kasar, kasihan Pak Amien sendiri," tutur Jazilul.



Simak Juga 'Amien Rais Beri Kesempatan Jokowi, Waketum PAN: Sikap Negarawan':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Amien Rais Sindir Teriakan 'Lanjutkan' di Rakernas PAN"
[Gambas:Video 20detik]
(rvk/dkp)