detikNews
2019/07/16 20:00:26 WIB

Round-Up

Idrus Marham Berkeliaran, Pengawal KPK Kehilangan Pekerjaan

Tim detikcom - detikNews
Halaman 2 dari 3
Idrus Marham Berkeliaran, Pengawal KPK Kehilangan Pekerjaan Potret Idrus Marham ketika 'pelesiran' yang berbuah pada pemecatan pengawal tahanan KPK (Foto: Ari Saputra/detikcom)


Idrus sebenarnya sudah divonis dalam perkara dugaan suap terkait proyek PLTU Riau-1. Namun mantan Menteri Sosial (Mensos) itu mengajukan upaya hukum banding ke Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta. Di sisi lain status penahanan Idrus masih berada di rumah tahanan (rutan) KPK.

Suatu ketika pada Jumat, 21 Juni 2019, Idrus keluar dari selnya untuk menjalani pengobatan di Rumah Sakit MMC Jakarta. Urusan Idrus itu sudah melalui penetapan pengadilan sehingga KPK menugaskan seorang waltah untuk mengawal Idrus.

Namun dalam proses pengobatan itu Idrus ketahuan oleh Ombudsman tidak mengenakan rompi tahanan serta tidak menggunakan borgol. Ombudsman juga menyebut Idrus sempat menggunakan telepon seluler (ponsel). Peristiwa itu disampaikan Teguh P Nugroho sebagai perwakilan Ombudsman untuk Jakarta Raya pada Kamis, 27 Juni 2019.

"(Idrus) mempergunakan handphone atau HP selama berada di lokasi tersebut sebagaimana video yang kami rekam pada pukul 12.39 WIB dan pukul 14.18 WIB," sebut Teguh saat itu.

Ombudsman pun memproses dugaan maladministrasi itu dengan melakukan pelbagai pemeriksaan. Teguh juga sempat menunjukkan video ketika Idrus berada di rumah sakit itu.




Dalam kronologi yang disebutkan Teguh, Idrus ternyata sempat mampir ke coffee shop yang masih berada di kawasan rumah sakit. Ombudsman turut menyoroti waltah KPK yang tidak melekat pada Idrus.

Di sisi lain KPK melakukan pemeriksaan internal terhadap waltah tersebut. Hingga akhirnya diputusan bila M melakukan pelanggaran disiplin. M pun dipecat.

"Perlu kami tegaskan, proses pemeriksaan dan penelusuran informasi ini dilakukan sendiri oleh PI KPK dengan cara pemeriksaan terhadap pihak-pihak yang mengetahui dan mempelajari bukti-bukti elektronik yang telah didapatkan," kata Febri.

Sementara itu pengacara Idrus, Samsul Huda, mengaku tidak tahu menahu soal proses pemberian uang itu. Namun dia mengaku tahu siapa pemberi uang ke M. Siapa dia?



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
BERITA TERBARU +