detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 19:42 WIB

Surya Paloh Yakin PDIP Tak Marah Jika Jokowi Diklaim Kader NasDem

Ray Jordan - detikNews
Surya Paloh Yakin PDIP Tak Marah Jika Jokowi Diklaim Kader NasDem Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan kader Partai NasDem. Surya yakin PDIP yang merupakan partai tempat Jokowi bernaung tidak marah dengan pernyataannya tersebut.

Surya menyatakan merasa tidak ada masalah dengan menyebut Jokowi merupakan kader NasDem. Bahkan, jika ada parpol lain turut mengklaim Jokowi juga tidak masalah.

"Ya kalau ada yang klaim dari parpol, ini kader NasDem Jokowi, NasDem juga boleh lah. Tapi kalau juga kita tempatkan Presiden Jokowi sebagai kepala pemerintahan, kepala negara sekaligus presiden milik semua rakyat Indonesia, NasDem juga sepakat dengan itu," kata Surya Paloh di Kampus Akademi Bela Negara Partai NasDem, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (16/7/2019).


Surya yakin PDIP tidak akan marah dengan pernyataannya itu. Yang terpenting adalah penegasan bahwa Jokowi merupakan milik masyarakat Indonesia.

"Nggak (marah). Semua niat baik. Esensinya seorang presiden sekaligus kepala negara milik semua masyarakat bangsa Indonesia," katanya.

Sebelumnya, Surya Paloh mengklaim Jokowi sebagai kader partai yang dia asuh. Ini karena keberhasilan NasDem meraih 12 juta suara dan 60 kursi di parlemen pada Pilpres 2019 tak lepas dari peran Jokowi.

"Jadi kalau ada perlombaan, kalau ada yang tanya Jokowi itu kader partai siapa? Partai nomor 1 NasDem!" tegas Surya Paloh.


Dia bahkan mengatakan klaim NasDem tersebut tidak perlu diragukan. Bahkan, jika Jokowi bisa 'distempel' partai, stempelnya Partai NasDem.

"Jadi jangan pernah ragu. Kalau bicara stempel partainya, kita stempel partainya NasDem, menyatakan Jokowi adalah kader Partai NasDem" katanya.

PDIP juga sudah merespons penyataan Surya paloh tersebut. PDIP justru mengaku bangga.

"Kalau memang Pak Surya Paloh juga ngakui beliau kader NasDem, berarti kan overqualified kader-kader PDIP juga banyak yang mau dipakai partai yang lain. Jadi PDIP sih malah bangga kalau banyak orang yang ngakuin Pak Jokowi sebagai kader dengan berbagai motivasinya ya," ucap Sekretaris Bidang Pendidikan dan Pelatihan DPP PDIP Eva Kusuma Sundari.


Eva Sundari mengaku bangga Surya Paloh menyebut Jokowi kader NasDem karena, menurutnya, kader-kader PDIP sudah teruji kualitasnya.

"Jadi tampaknya Pak Surya Paloh pengin agar supaya kader-kader NasDem seperti kader PDIP yang sukses. Aku sih positif saja melihatnya," imbuh dia.

Simak Video "Paloh-Airlangga-Cak Imin-Suharso Bertemu, Tegaskan Kokohnya Koalisi"
[Gambas:Video 20detik]

(jor/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com