detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 19:26 WIB

Tak Diputar Sepanjang Waktu, Ini Alasan Depok Putar Lagu di Lampu Merah

Matius Alfons - detikNews
Tak Diputar Sepanjang Waktu, Ini Alasan Depok Putar Lagu di Lampu Merah Foto: Matius Alfons/detikcom
Depok - Pemkot Depok akan memasang lagu di lampu merah untuk menghibur warga di tengah kemacetan lalu lintas. Lagu itu tidak akan diputar sepanjang waktu, tetapi hanya pada saat lampu menyala merah atau berhenti.

"Jadi tidak benar kalau ada anggapan bahwa musik itu sepanjang hari diputar di traffic light. Tentunya kita juga memperhatikan dengan kondisi sosial di Kota Depok, dengan kegiatan-kegiatan ibadah dan lain-lain," jelas Kadishub Dadang Wihana kepada wartawan di kantor Balai Kota Depok, Jalan Margonda, Depok, Selasa (16/7/2019).

Dadang mengungkap, pemasangan lagu di traffic light ini merupakan rangkaian dari manajemen traffic light dengan area traffic control system (ATCS). Sehingga, durasi lampu merah yang cukup lama diharapkan tidak membuat para pengendara jenuh.




"Salah satu bagian terkecilnya adalah mengoptimalkan traffic light yang sudah terkoneksi dengan ATCS saat ini, jadi ketika lampu merah menyala, di mana di situ ada durasi 45-60 detik kalau biasanya dengan bunyi-bunyian bermacam-macam misalnya 'tut..tut', kita optimalkan bunyi-bunyian itu dengan pesan-pesan ketertiban lalu lintas," jelas Dadang.

"Jadi pesan-pesan ketertiban bisa berupa lagu, statemen-statemen atau ajakan-ajakan untuk tertib lalu lintas," lanjutnya.

Lampu merah yang akan dipasang lagu ini sudah terkoneksi dengan ATCS, yang dilengkapi dengan CCTV dan pengeras suara. Dishub Kota Depok akan memaksimalkan fungsi ATCS ini untuk memberikan imbauan kepada kendaraan online yang kerap bikin macet di sepanjang Jalan Margonda.

"Kita coba melakukan pendekatan engineering terutama untuk manajemen rekayasa lalin, kita coba untuk fasilitasi hambatan samping seperti parkir di bahu jalan yang dikeluhkan warga itu kendaraan online, kita fasilitasi dengan pendekatan community based. Artinya, kita melakukan pendekatan dari dan oleh untuk mereka, pemerintah hadir untuk memfasilitasi pembentukan shelter bekerja sama dengan aplikator dan juga dengan dunia usaha agar mereka memiliki tempat untuk menaikkan ataupun menurunkan penumpang," papar Dadang.



Simak Juga ''Hati-hati', Lagu Walkot Depok yang akan Dipasang di Traffic Light':

[Gambas:Video 20detik]






Simak Video "Prostitusi di Apartemen Depok, Muncikari Jual PSK Via Medsos"
[Gambas:Video 20detik]

(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com