detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 18:07 WIB

Kebakaran Lahan di Aceh Tambah Luas, Total 256 Ha Terbakar

Agus Setyadi - detikNews
Kebakaran Lahan di Aceh Tambah Luas, Total 256 Ha Terbakar Ilustrasi Kebakaran Hutan (Foto: Antara Foto)
Banda Aceh - Kebakaran lahan di Aceh masih terus terjadi sejak dua minggu terakhir. Total 256.15 hektare lahan dan hutan di 12 kabupaten/kota di Aceh dilalap api.

"Sekarang kondisinya 90 persen dapat dipadamkan dan satu kabupaten lagi masih diupayakan. Tadi juga terjadi kebakaran lahan di Aceh Besar dengan luas 0,5 meter," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Teuku Ahmad Dadek kepada wartawan, Selasa (17/6/2019).

Terbaru, kebakaran lahan terjadi di Desa Pante Rawa, Kecamatan Sukamakmur, Aceh Besar, Aceh, siang tadi. Lokasi kebakaran lahan rumbia di ujung persawahan tak jauh dari permukiman warga.

Petugas BPBD Aceh Besar yang mendapatkan laporan mengerahkan satu unit armada pemadam kebakaran. Untuk memadamkan api, petugas harus menyambung selang karena mobil pemadam tidak dapat menjangkau lokasi.


"Api tadi sudah berhasil dipadamkan. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini," jelas Dadek.

Menurut Dadek, kebakaran lahan di Aceh sudah terjadi sejak 1 Juli lalu. Api membakar lahan dan hutan di 26 kecamatan di 12 kabupaten/kota. Kebakaran terparah terjadi di Aceh Barat dengan luas total mencapai 122,4 hektare.


"Pemadaman di Aceh Barat masih terus dilakukan. Cakupan wilayah terus bertambah. Pada Senin, 15 Juli kemarin, terjadi kebakaran lahan lagi, di Kecamatan Kaway XVI dengan luas 2 hektare tepatnya di Gampong Peunia," ungkap Dadek.

Simak Video "Perang Melawan Amukan Api di Rimba Riau"
[Gambas:Video 20detik]

(agse/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com