detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 17:05 WIB

Soal Amnesti Baiq Nuril, Komisi III DPR akan Kaji 4 Aspek

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Soal Amnesti Baiq Nuril, Komisi III DPR akan Kaji 4 Aspek Foto: Baiq Nuril Maknun (Lamhot Aritonang)
FOKUS BERITA: Amnesti Baiq Nuril
Jakarta - Badan Musyawarah (Bamus) DPR RI menyerahkan urusan pengkajian amnesti Baiq Nuril Maknun ke Komisi III. Nantinya, ada sejumlah aspek terkait amnesti Baiq Nuril yang akan dikaji Komisi III.

"Saya melihat paling tidak ada 4 hal yang mesti diperhatikan, dikaji oleh teman-teman di Komisi III ya," kata anggota Komisi III Arsul Sani, di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (16/7/2019).




Arsul menjelaskan aspek pertama yang akan dikaji yakni fakta persidangan. Komisi III akan melihat fakta apa saja yang terungkap dalam persidangan Baiq Nuril.

"Yang kedua, kita lihat juga pasal yang didakwakan. Kalau tidak salah Pasal 27 ayat 1 UU ITE. (Pasal) itu seperti apa sih maksudnya dulu. Itu kan kita harus buka kembali. Juga risalah persidangan ya, apakah pasal itu dibahas," jelasnya.

Aspek yang ketiga yakni pertimbangan majelis hakim. Arsul menyebut Komisi III juga akan melihat pertimbangan-pertimbangan majelis hakim dalam memberikan putusan kepada Baiq Nuril.

"Nah yang terakhir suara-suara keadilan yang disuarakan oleh masyarakat sipil. Itu harus dipergunakan juga. Di samping tentu DPR juga akan melihat apakah (aspirasi masyarakat termasuk) instrumen amnesti tetap atau tidak," ujar Arsul.

Namun, Arsul tidak bisa memastikan kapan pengkajian dimulai. Politikus PPP itu menegaskan bahwa pengkajian akan segera dilakukan.

"Kita akan diskusikan, dan kemudian segera akan kita akan sampaikan ke pimpinan DPR, kemudian diteruskan kepada presiden," ucap Arsul.




Terpisah, Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) meyakini Komisi III akan segera menyelesaikan pembahasan soal pemberian amnesti kepada Baiq Nuril. Dia berharap pekan ini pemberian amnesti sudah selesai dibahas.

"Kita semua menjamin untuk selesai. Kita upayakan selesai dalam pekan ini. Karena frekuensi sudah sama ini soal kemanusiaan dan akan kita selesaikan dan kita tuntaskan," kata Bamsoet.

Sebelumnya, rapat Bamus memutuskan pembahasan amnesti Baiq Nuril diteruskan ke Komisi III. Wakil Ketua DPR Agus Hermanto yang memimpin rapat berharap sudah ada keputusan dari Komisi III sebelum penutupan masa sidang V ini.

"Saya gimana mau janji, baru suratnya saya tanda tangani, baru disampaikan pada Komisi III. Tapi saya melihat dari rapat Bamus kan tadi semua fraksi menyetujui, sehingga rasanya mudah-mudahan ini tidak lama," kata Agus.

"Penutupan masa sidang tanggal 25 Juli 2019. Diharapkan pada saat penutupan rapat sidang tersebut, keputusannya sudah disampaikan di dalam rapat paripurna," lanjutnya.



Simak Juga 'Belajar dari Kasus Baiq Nuril, Menkum HAM Akan Susun UU Amnesti':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Tangis Baiq Nuril Setelah DPR Setuju Pemberian Amnesti"
[Gambas:Video 20detik]

(mae/zak)
FOKUS BERITA: Amnesti Baiq Nuril
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com