detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 16:37 WIB

Kemenkum HAM Laporkan Wali Kota Tangerang ke Polisi

Mei Amelia R - detikNews
Kemenkum HAM Laporkan Wali Kota Tangerang ke Polisi Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta - Perselisihan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dengan Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah berbuntut panjang. Pihak Kemenkum HAM membawa kisruh itu ke polisi.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Abdul Karim membenarkan adanya laporan tersebut. Laporan itu dibuat pada pukul 12.00 WIB siang tadi.

"Iya tadi yang melaporkan perwakilannya, Biro Hukum Kemenkum HAM, jam 12 siang tadi," kata Kombes Abdul Karim kepada detikcom, Selasa (16/7/2019).

Abdul Karim mengatakan ada beberapa poin yang dilaporkan oleh pihak Kemenkum HAM. Salah satunya masalah lahan Kemenkum HAM.

"Iya salah satunya soal lahan," katanya.



Ia melanjutkan pihaknya akan mempelajari laporan tersebut. Penyidik Satreskrim Polres Metro Tangerang Kota akan mempelajari lebih lanjut laporan tersebut untuk menentukan langkah-langkah selanjutnya.

"Prinsipnya, siapa pun itu ketika dia membuat pengaduan ke kepolisian, kami punya kewajiban menindaklanjuti," tambahnya.

Menkum HAM Yasonna Laoly menjelaskan awal mula perkara tersebut, yaitu dari pembangunan politeknik Kemenkum HAM di Kota Tangerang. Menurut Yasonna, izin untuk pembangunan politeknik itu dipersulit.

Pembangunan politeknik itu memang akhirnya mendapat izin. Nah, saat Yasonna meresmikan politeknik itu, dia melempar sindiran ke Wali Kota Tangerang.

"Waktu kemarin sudah kita resmikan, saya bilang Wali Kota Tangerang kayaknya nggak ramah sama Kumham. Langsung itu dia, ha-ha-ha...," kata Yasonna tak meneruskan kalimatnya. Yasonna diwawancara di kantor Presiden, Jl Veteran, Jakarta, Selasa (16/7).

Meski Yasonna tak meneruskan kalimatnya, diketahui Arief menyurati Kemenkum HAM meminta klarifikasi atas sindiran itu. Lalu dia juga memutus semua pelayanan untuk fasilitas milik Kumham di wilayahnya, termasuk kantor imigrasi dan lapas.





Kemenkum HAM Laporkan Wali Kota Tangerang ke Polisi


Simak Video "Narji ''Cagur'' Bantah Maju Jadi Wali Kota Tangsel"
[Gambas:Video 20detik]

(mei/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com