detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 15:11 WIB

PKB: Amien Rais Boleh Mengawasi, tapi Jangan Menghina

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
PKB: Amien Rais Boleh Mengawasi, tapi Jangan Menghina Foto: Jazilul Fawaid (Haris Fadhil/detikcom)
Jakarta - PKB menghargai Amien Rais yang akan mengawasi presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin untuk menjalankan pemerintahan 5 tahun ke depan. Meski demikian, PKB tak ingin ada hinaan atau cacian terhadap pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

"Pak Amien kan seandainya mau ngawasin atau apa tentu kita menghargai saja. Karena posisinya Pak Amien tak dalam pemerintahan, boleh ngawasi. Tapi jangan menghina-hina, membenci, mencela-cela. Kritiknya yang membangun," kata Ketua DPP PKB Jazilul Fawaid di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (16/7/2019).


Jazilul menilai Amien Rais akhirnya tersadar. Dia pun berharap Amien Rais ke depannya akan memberikan kritik membangun ke pemerintah, bukan sebaliknya.

"Mungkin ada kesadaran kembali dari Pak Amien. Saya yakin demokrasi memerlukan tokoh seperti Pak Amien. Tentu lebih produktif kalau Pak Amien memberikan kritiknya dengan cara yang membangun. Kalau kritiknya kasar, kasihan Pak Amien sendiri," tutur Jazilul.


Sebelumnya, Amien Rais menyerukan untuk menjaga persatuan bangsa. Dia mengatakan akan mengawasi pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin dalam 5 tahun ke depan.

"Jadi saya sampaikan, teruskan merajut Merah-Putih, teruskan bangsa ini bersatu, jangan sampai pecah. Tapi soal kekuasaan, berikan kesempatan yang utuh kepada Pak Jokowi-Ma'ruf Amin dengan nanti 5 tahun. Kita awasi dan itulah produk indah demokrasi," ujar Amien di kantor DPP PAN, Jalan Daksa, Jakarta Selatan, Senin (15/7).

Simak Video "Pesan Amien Rais ke Jokowi: Jangan Pindah Ibu Kota, Tapi Tolong Papua"
[Gambas:Video 20detik]

(mae/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com