detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 15:01 WIB

Buntut Maladministrasi, Ombudsman Minta Pimpinan KPK Tegur Para Pejabatnya

Rolando - detikNews
Buntut Maladministrasi, Ombudsman Minta Pimpinan KPK Tegur Para Pejabatnya Jumpa pers Ombudsman soal pengawalan penahanan Idrus Marham (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Dugaan maladministrasi dalam proses pengawalan tahanan terhadap Idrus Marham berbuntut panjang. Ombudsman meminta pimpinan KPK menindaklanjuti hasil laporannya mengenai dugaan maladministrasi itu.

"Tindakan korektif yang kami sampaikan kepada pimpinan KPK untuk ditindaklanjuti adalah pimpinan KPK harus memberi teguran kepada Kepala Biro Umum, Direktur Pengawasan Internal, dan Kepala Bagian Pengamanan terkait maladministrasi," ucap Kepala Perwakilan Ombudsman Jakarta Raya, Teguh Nugroho, saat jumpa pers di Gedung Ombudsman, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (16/7/2019).

Selain itu pimpinan KPK diminta mengevaluasi pelaksanaan tugas para pejabat internalnya tersebut. Teguh juga meminta agar para pejabat internal KPK itu menyusun peta potensi maladministrasi serta pengawasannya.

"Memerintahkan Kepala Biro Umum untuk menyusun petunjuk pelaksanaan dan dukungan sarana dan prasarana terkait pengamanan dan pengawalan tahanan dengan memerhatikan potensi risiko dan penempatan jumlah personel pengamanan tahanan serta penggunaan pakaian tahanan dan borgol selama berada di luar rutan secara rinci," sambung Teguh.

Evaluasi serupa turut dimintakan Ombudsman ditujukan dalam proses pengeluaran tahanan serta proses kelengkapan administrasinya. Terakhir Ombudsman juga meminta agar pengawal tahanan berinisial M yang mengawal Idrus diperiksa. Ombudsman juga menduga adanya keterlibatan pihak lain dalam internal KPK terkait kasus maladministrasi ini.




"Dalam melaksanakan pengawasan sebagaimana poin 5, Direktur Pengawasan Internal untuk melakukan pendalaman terkait keterlibatan pihak lain dalam internal staf cabang rutan KPK dan staf pengamanan dan pengawal tahanan," kata Teguh.

KPK pun diminta menindaklanjuti laporan Ombudsman itu serta menyampaikan hasil pelaksanaannya terhitung 30 hari ke depan. KPK sebelumnya telah memberikan respons dengan memecat pengawal tahanan Idrus berinisial M.

"Pemeriksaan sudah selesai dilakukan. Indikator KPK tentu pada aturan disiplin dan kode perilaku dalam proses pemeriksaan tersebut. Mungkin saja indikator ini tidak sama dengan Ombudsman sehingga sejauh ini KPK memandang tindakan tegas sudah diambil secara tepat dan cepat. Bahkan KPK sudah menemukan dan ambil keputusan sebelum Ombudsman selesaikan pemeriksaan dan umumkan hari ini," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan sebelumnya.


Ombudsman: Ada Maladministrasi Saat Idrus Marham Keluar Rutan:

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Ombudsman: Ada Maladministrasi Saat Idrus Marham Keluar Rutan"
[Gambas:Video 20detik]

(dhn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed