detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 14:26 WIB

KPK Minta Pihak Terkait Kasus RTH Bandung Kembalikan Duit

Haris Fadhil - detikNews
KPK Minta Pihak Terkait Kasus RTH Bandung Kembalikan Duit ILUSTRASI/dok.detikcom/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - KPK menduga ada aliran dana ke sejumlah pihak terkait kasus dugaan korupsi proyek ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Bandung, Jawa Barat. KPK mengimbau para penerima uang terkait kasus ini segera mengembalikan duit tersebut.

"KPK mengimbau agar pihak-pihak lain yang pernah menerima uang terkait RTH ini agar segera mengembalikan pada KPK. Hal tersebut pasti akan dipertimbangkan sebagai faktor yang meringankan dan juga dapat membantu penanganan perkara ini," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Selasa (16/7/2019).

Febri mengatakan, ada pihak yang telah mengembalikan uang atau pun tanah yang diduga terkait perkara ini. Namun, Febri tidak menjelaskan identitas pihak yang mengembalikan uang tersebut.





"KPK sedang menelusuri pihak-pihak yang menikmati aliran dana tersebut. Ada yang telah secara koperatif mengembalikan dalam bentuk uang senilai puluhan juta rupiah dan 5 bidang tanah," sebut Febri.

KPK sudah memeriksa 81 orang sebagai saksi kasus dugaan korupsi ini. Pemeriksaan juga dilanjutkan hari ini dengan memanggil lima orang sebagai saksi.




Ada tiga tersangka yang telah ditetapkan KPK sejak tahun 2018. Mereka ialah mantan Kadis Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Pemkot Bandung, Hery Nurhayat; mantan anggota DPRD Kota Bandung 2009-2014, Tomtom Dabbul Qomar; dan Kadar Slamet.

KPK menduga korupsi ini dilakukan dengan modus mark up harga tanah. Akibatnya, ada indikasi kerugian negara Rp 60 miliar dalam kasus ini.


Dua Eks Anggota DPRD dan Kadis di Bandung Jadi Tersangka KPK:



Simak Video "Siapa Dukung Perppu KPK?"
[Gambas:Video 20detik]

(haf/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com