detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 14:13 WIB

5 Fakta Evi Apita Maya yang Digugat ke MK karena Foto 'Kelewat Cantik'

Niken Widya Yunita - detikNews
5 Fakta Evi Apita Maya yang Digugat ke MK karena Foto Kelewat Cantik 5 Fakta Evi Apita Maya yang Digugat ke MK karena Foto 'Kelewat Cantik'/Foto: Evi Apita Maya (dok.pri/fb)
Jakarta - Evi Apita Maya digugat ke MK karena dituding mengedit foto 'kelewat cantik'. Siapa sih Evi Apita Maya?

Nama Evi Apita Maya, yang bergelar SH, mendadak viral. Terpajang fotonya dengan muka sangat cantik.

Lalu, siapa Evi Apita Maya? Berikut ini fakta-faktanya:



1. Senator Terpilih dari NTB

Evi Apita Maya merupakan senator terpilih dari Nusa Tenggara Barat (NTB). Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi dan penetapan hasil Pemilu 2019 oleh KPU NTB, Selasa (14/5/2019), empat calon anggota lolos menjadi senator atau anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Nama Evi Apita Maya nomor urut 26 menempati urutan pertama dengan perolehan suara terbanyak, yaitu 283.868 suara.

Disusul H Achmad Sukisman Azmy nomor urut 21, yang juga jurnalis dan mantan Ketua PWI NTB, yang berhasil mendulang 268.905 suara.

TGH Ibnu Halil nomor urut 29 meraih 245.570 suara dan terakhir H Lalu Suhaimi Azmi nomor urut 35 dengan 207.345 suara.


2. Menempuh Pendidikan di Universitas Diponegoro

Evi Apita Maya pernah menempuh pendidikan di Universitas Diponegoro di Semarang, Jawa Tengah. Hal itu tercantum di profile Facebook-nya, Evi Apita Maya.

Evi juga menulis di profile-nya tinggal di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Dia juga bukan anggota partai, tapi aktif di kegiatan sosial.
3. Punya 3 Anak

Evi Apita Maya telah menikah dan memiliki 3 anak. Dua anaknya berjenis kelamin perempuan, satu laki-laki. Dalam salah satu status Facebook-nya, Evi menuliskan status 'Keluargaku Penyemangat Hidupku'.

5 Fakta Evi Apita Maya yang Digugat ke MK karena Foto 'Kelewat Cantik'5 Fakta Evi Apita Maya yang Digugat ke MK karena Foto 'Kelewat Cantik'/Foto: Evi Apita Maya (dok.pri/fb)

4. Punya Akun Instagram

Evi memiliki akun Instagram resmi, @official_eviapitamaya. Follower-nya sebanyak 231.

5. Digugat ke MK

Evi Apita Maya jadi pihak terkait atas gugatan hasil Pileg di Mahkamah Konstitusi (MK). Pemohon gugatan, Farouk Muhammad, menyebut foto editan yang terlalu mulus menyalahi prinsip jujur dalam pemilu.

Sementara itu, Evi membantah telah memanipulasi foto pencalonannya. Menurutnya, setiap pemilih punya alasan masing-masing dalam menentukan pilihan.

"Saya pikir respons saya samalah dengan orang yang berpikir jernih. Batasan apa yang menyatakan bahwa foto saya itu yang mempengaruhi?" kata Evi saat dihubungi, Senin (15/7/2019).

Evi menilai MK bukan ranah untuk memperkarakan editan foto itu. Dia memastikan proses pencalonannya sudah sesuai dengan prosedur yang ditentukan.

Evi Apita Maya yakin akan tetap melenggang ke Senayan sebagai anggota DPD dengan meraih suara terbanyak di NTB. Gugatan ke MK itu, menurut Evi, tidak akan mengubah perolehan suaranya sebagai pemenang di NTB.


Gegara Foto Editan Terlalu Cantik, Caleg NTB Digugat ke MK:



Simak Video "Gegara Foto Editan Terlalu Cantik, Caleg NTB Digugat ke MK"
[Gambas:Video 20detik]

(nwy/lus)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com