detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 14:06 WIB

Pemprov DKI Belum Terima Spesifikasi Lintasan untuk Formula E

Arief Ikhsanudin - detikNews
Pemprov DKI Belum Terima Spesifikasi Lintasan untuk Formula E Ilustrasi Formula E (Foto: Getty Images)
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta belum mendapatkan spesifikasi lintasan untuk ajang Formula E. Namun, Dinas Bina Marga mengaku siap memenuhi standar Formula E yang akan dilakukan di tengah kota.

"Ya makanya nanti akan disampaikan dengan panitia penyelenggara. Bahwa standar khusus balapan harus begini, begini, harus kita sesuaikan. Yang jelas nanti pasti akan kita ini (lakukan)," ucap Kepala Dinas Bina Marga, Hari Nugroho, saat dihubungi, Selasa (16/7/2019).

Menurut Hari, belum ada pembahasan soal spesifikasi lintasan antara Pemprov dengan penyelenggara Formula E. Namun, Hari mengaku bisa melakukan membuat spesifikasi jalan yang akan digunakan.



"Kita secara teknis belum dibahas. Biasanya nanti ada teknikal meeting. Jalan track harus begini, ke dua begini, ada spesifikasinya. Tinggal nanti kita sesuaikan, kita layering lagi atau meski tambah apa," kata Hari.

Hari mengatakan, pihak Formula E baru sebatas meninjau calon lintasan. Belum ada pembahasan teknis lebih jauh.

"Belum, belum (dibahas). Kan dia baru ngecek lintasan saja tapi secara detail lintasan kan nggak. Mungkin dia lintasan cocok nih ini, tapi secara detail kondisi jalan kan harusnya dites dengan kendaraan yang bagaimana kan kita nggak tahu," ucap Hari.



Diberitakan, Pemprov DKI Jakarta telah mengajukan dua alternatif rute untuk ajang Formila E. Berikut adalah dua rute alternatif yang dijelaskan oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dimintai konfirmasi:

Pertama:
Silang Monas Belakang Stasiun Gambir - Ridwan Rais - Tugu Tani - MI Ridwan Rais - Merdeka Selatan - Wisma Antara - Berputar ke Kedubes AS - Monas - Ridwan Rais.

Kedua :
Silang Monas Selatan - belakang Stasiun Gambir - Ridwan Rais - Merdeka Selatan - bundaran air mancur - Silang Monas Selatan.

Pemilihan Jakarta jadi tuan rumah Formula E tahun 2020 disampaikan Gubernur Anies Baswedan melalui akun Instagram-nya, @aniesbaswedan. Dia mengunggah sejumlah foto pertemuan Anies dengan pengelola Formula E, di New York. Anies menyebut telah mencapai kesepakatan dengan pengelola Formula E.

"Alhamdulillah, berhasil!" tulis Anies seperti dilihat detikcom, Minggu (14/7).

Kesepakatan yang dimaksudkan Anies adalah penyelenggaraan Formula E di Jakarta. Anies menyebut Jakarta akan menjadi tuan rumah gelaran Formula E pada 2020.

"Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di pertengahan tahun 2020. Selepas World Cities Summit di Medellin, langsung terbang ke New York untuk tuntaskan negosiasi dengan lembaga pengelola Formula E," jelasnya.


Jakarta Jadi Tuan Rumah Formula E 2020:

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Resmi! Formula E Digelar di Jakarta 6 Juni 2020"
[Gambas:Video 20detik]

(aik/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com