detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 11:32 WIB

Imbas Gempa Bali, Siswa SD di Mataram Dipulangkan Lebih Cepat

Tim detikcom - detikNews
Imbas Gempa Bali, Siswa SD di Mataram Dipulangkan Lebih Cepat Foto: Sejumlah siswa di SDN 1 Mataram, saat menunggu jemputan orang tuanya untuk pulang lebih awal karena adanya getaran gempa 6 SR yang berpusat di Bali. (Foto: ANTARA News/Nirkomala)
Mataram - Gempa bumi M 5,8 yang mengguncang Bali dirasakan hingga ke Mataram, NTB. Siswa-siswa SD di Mataram pun dipulangkan lebih cepat khawatir adanya gempa susulan.

"Kebijakan ini kita ambil untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, dan antisipasi gempa susulan," kata Fitri salah seorang guru SDN 1 Mataram, yang dilansir Antara, Selasa (16/7/2019).

Dikatakan dia, kebijakan pulang lebih awal, para siswa tidak dibiarkan pulang begitu saja. Para siswa yang pulang harus menunggu orang tuanya menjemput.



Setelah dipastikan sudah ada yang menjemput, barulah siswa diperbolehkan pulang. Sedangkan siswa yang rumahnya berada dekat dari lingkungan sekolah, dipastikan dulu orang tuanya sedang berada di rumah atau tidak.

"Hal itu kita berlakukan untuk memberikan jaminan keamanan dan keselamatan kepada anak-anak," katanya.

Saluna siswa kelas III SDN 1 Mataram mengatakan, saat gempa dia dan teman-temannya sedang berada di dalam ruang belajar dan begitu terjadi gempa mereka berhamburan ke luar ruangan menuju lapangan sekolah.



"Ada beberapa temen kita yang menangis, karena takut seperti gempa bulan Agustus lalu," ucap Saluna.

Gempa bumi magnitudo 5,8 (sebelumnya dinyatakan BMKG M 6,0) yang mengguncang Bali dan sekitarnya membuat sejumlah atap bangunan roboh. Gempa disebabkan aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah lempang Eurasia.

Gempa itu terjadi pada pukul 07.18 WIB dan dirasakan kuat hingga sebagian wilayah di NTB dan Jawa Timur. Gempa berkedalaman menengah tersebut, menurut hasil pemodelan BMKG, tidak berpotensi tsunami.


Simak Video "Dampak Gempa M 6 di Bali, Genting SD dan Kantor Camat Rontok"

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Doa Netizen Mengalir Pasca Gempa Bali Pagi Tadi"
[Gambas:Video 20detik]

(rvk/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com