detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 10:27 WIB

Cegah Karhutla, TNI Patroli di Kawasan Taman Nasional Tesso Nilo Riau

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Cegah Karhutla, TNI Patroli di Kawasan Taman Nasional Tesso Nilo Riau Foto: Jajaran Kodim 0313 Kampar melakukan penyisiran dari desa hingga ke dalam Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) di Riau. (Istimewa)
Pekanbaru - Jajaran Kodim 0313 Kampar melakukan penyisiran dari desa hingga ke dalam Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) di Riau. Penyisiran ini guna mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Patroli ke kawasan TNTN ini juga sekaligus dalam menyemarakkan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105. Prajurit TNI AD bersama pihak kepolisian dan warga turun bersama menyisiri kawasan semak belukar hingga ke kawasan TNTN.


Patroli karhutla ini dilaksanakan Koramil 04 Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan di bawah Kodim Kampar. Dengan sepeda motor, tim menyusuri dari desa ke desa hingga berakhir di TNTN.

"Kegiatan ini rutin kita lakukan dalam rangka pencegahan karhutla, kita edukasi masyarakat agar tidak melakukan pembakaran saat membuka lahan," kata Komandan Kodim Kampar, Letkol Inf Aidil Amin kepada wartawan, Selasa (16/7/2019).

Aidil mengatakan seluruh personel Kodim Kampar yang membawahi juga Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Rokan Hulu harus tetap menjaga kawasan masing-masing dari karhutla.

"Dengan kegiatan patroli yang kita lakukan, diharapkan dapat mencegah terjadinya kebakaran lahan. Karena karhutla akan memberikan dampak besar bagi kesehatan dan perekonomian masyarakat," kata Aidil.


Dalam patroli ini, sambungnya, pihaknya juga sekaligus mencari para pelaku pembakaran lahan. Bila kedapatan ada warga yang melakukan pembakaran, maka akan berhadapan dengan hukum.

"Selain patroli pencegahan karhutla, kita juga mencari pelaku pembakar. Bila ada yang melakukan pembakaran akan kita amankan dan diproses sesuai hukum yang berlaku," ujarnya.

Simak Video "Dampak Karhutla, Harimau dan Burung Rangkong Terancam!"
[Gambas:Video 20detik]

(cha/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com