detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 09:11 WIB

Amien Rais akan Awasi Jokowi, PKB: Tak Boleh Berdasarkan Kebencian

Dwi Andayani - detikNews
Amien Rais akan Awasi Jokowi, PKB: Tak Boleh Berdasarkan Kebencian Ketua DPP PKB Abdul Kadir Karding (Foto: Andhika Prasetia-detikcom)
Jakarta - Amien Rais menyebut akan mengawasi Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin untuk menjalankan pemerintahan 5 tahun ke depan. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pengawasan yang dilakukan tidak boleh berdasarkan kebencian.

"Mengawasi perlu dilakukan, sepanjang tidak dibangun atas dasar kebencian atau dendam," ujar Ketua DPP PKB Abdul Kadir Karding saat dihubungi Senin (15/7/2019).



Karding mengatakan, pengawasan perlu dilakukan atas dasar kebaikan masyarakat dan bangsa. Menurut Karding dengan terpilihnya Jokowi, adanya pengawasan atau tidak pemerintahan akan tetap berjalan.

"Jadi betul-betul pengawasan itu dibangun atas dasar kemaslahatan, atau kebaikan bersama masyarakat atau bangsa kita bangsa Indonesia. Tentu juga karena sudah menang pemerintahan harus berjalan, mau diawasi atau tidak tetap harus berjalan," kata Karding.

Kairding berharap, pemerintah menghasilkan hal baik bagi masyarakat. Hal ini dimaksud, agar masyarakat dapat lebih sejahtera hingga baiknya perekonomian.

"Jadi yang kita harapkan adalah, kita ingin pemerintahan menghasilkan sesuatu yang baik bagi masyarakat kita ke depan. Masyarakat kita, kita harapkan lebih sejahtera lagi, perekonomian makin baik, kehidupan semakin nyaman dan aman," ujar Karding.



Sedangkan terkait pernyataan Amien Rais, yang meminta partainya tetap menjadi oposisi. Karding menilai, perlu adanya oposisi terlebih di dalam Parlemen.

"Saya kira baguslah kalau pak Amien Rais menyampaikan pendapat seperti itu. Memang kita berharap ada oposisi terutama di Parlemen," tuturnya.

Sebelumnya, Amien Rais menyerukan untuk menjaga persatuan bangsa. Dia mengatakan akan mengawasi pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin dalam 5 tahun ke depan.

"Jadi saya sampaikan, teruskan merajut Merah-Putih, teruskan bangsa ini bersatu, jangan sampai pecah. Tapi soal kekuasaan, berikan kesempatan yang utuh kepada Pak Jokowi-Ma'ruf Amin dengan nanti 5 tahun. Kita awasi dan itulah produk indah demokrasi," ujar Amien di kantor DPP PAN, Jalan Daksa, Jakarta Selatan, Senin (15/7).


Kalau Prabowo Gabung Jokowi, Amien Rais: Lonceng Kematian Demokrasi

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Pesan Amien Rais ke Jokowi: Jangan Pindah Ibu Kota, Tapi Tolong Papua"
[Gambas:Video 20detik]

(dwia/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com