detikNews
Senin 15 Juli 2019, 21:11 WIB

Ini Isi Surat Jokowi ke Ketua DPR soal Amnesti Baiq Nuril

Mochamad Zhacky - detikNews
Ini Isi Surat Jokowi ke Ketua DPR soal Amnesti Baiq Nuril Baiq Nuril Maknun (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - DPR RI telah menerima surat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pemberian amnesti kepada Baiq Nuril Maknun. Dalam surat tersebut, Jokowi menyebut masyarakat berpandangan bahwa vonis yang dijatuhi kepada Baiq Nuril bertentangan dengan keadilan.

"Hukuman yang dijatuhkan kepada Sdr Baiq Nuril Maknun menimbulkan simpati dan solidaritas yang meluas di masyarakat yang pada intinya berpendapat bahwa pemidanaan terhadap Sdr Baiq Nuril Maknun bertentangan dengan rasa keadilan yang berkembang dalam masyarakat," tulis Jokowi seperti dalam surat yang diterima detikcom, Senin (15/7/2019).

Surat Presiden Jokowi ke Ketua DPR soal pemberian amnesti kepad Baiq Nuril Maknun.Surat Presiden Jokowi ke Ketua DPR soal rencana pemberian amnesti kepada Baiq Nuril Maknun. (Foto: Istimewa)

Dalam surat tertanggal 15 Juli 2019 itu, Jokowi menulis bahwa apa yang dilakukan Baiq Nuril adalah untuk mempertahankan harkat dan martabat sebagai seorang perempuan. Baiq Nuril diketahui divonis bersalah mentransfer/mentransmisikan rekaman percakapan dengan mantan atasannya berinisial M saat dia menjadi staf honorer di SMAN 7 Mataram.

"Perbuatan yang dilakukan yang bersangkutan dipandang semata-mata sebagai upaya memperjuangkan diri dalam melindungi kehormatan dan harkat martabatnya sebagai seorang perempuan dan seorang ibu," terang Jokowi.


DPP sebelumnya mengatakan sudah menerima surat tersebut. Surat juga sudah diserahkan ke Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet).

"Ya benar, suratnya sudah saya teruskan ke Ketua DPR, 20 menit lalu suratnya masuk dari Istana," kata Sekjen DPR Indra Iskandar kepada wartawan, Senin (15/7).



Simak Juga 'Baiq Nuril Bacakan Surat Permohonan Amnesti Sambil Menangis':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Bertemu di Istana, Jokowi-SBY Bahas Peluang Gabungnya Demokrat ke Pemerintah"
[Gambas:Video 20detik]

(zak/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com