detikNews
Senin 15 Juli 2019, 19:09 WIB

PAN Sudah Tak Bisa Ganti Taufik Kurniawan di DPR

Indra Komara - detikNews
PAN Sudah Tak Bisa Ganti Taufik Kurniawan di DPR Taufik Kurniawan semasa aktif di DPR. (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - PAN sudah tak bisa lagi mengajukan berkas pengganti antarwaktu (PAW) untuk menggantikan Wakil Ketua DPR RI nonaktif Taufik Kurniawan yang terjerat kasus korupsi. Batas akhir PAW sudah berakhir.

"Sudah nggak lagi, nggak bisa, kan kita 2 bulan lagi, kan enam bulan sebelumnya udah nggak bisa lagi," kata Sekjen PAN Eddy Soeparno di DPP PAN, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (15/7/2019).


Pria yang dinonaktifkan dari posisi Waketum PAN itu divonis 6 tahun penjara. Taufik dinyatakan bersalah menerima suap pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen dan Purbalingga.

Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno.Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno (Foto: Indra Komara/detikcom)

Eddy mengatakan posisi Wakil Ketua DPR dari PAN masih kosong. Sebab, batas waktu pengajuan berkas PAW sudah habis yakni 6 bulan sebelum massa jabatan berakhir.

"Kan sudah nggak bisa lagi, enam bulan, ini sebelum bulan Oktober sudah nggak bisa lagi ada pergantian, jadi April terakhir tuh sesungguhnya," ujar Eddy.


Eddy mengaku prihatin atas vonis yang dijatuhkan kepada Taufik. PAN, kata Eddy, mendukung semua upaya hukum selanjutnya yang ditempuh Taufik.

"Tentu kami prihatin dengan vonis tersebut ya, kami masih belum berkomunikasi dengan Pak Takur, tapi apa pun langkah yang akan ditempuh Pak Takur pasti akan kami hormati dan bagaimanapun juga pak Taufik Kurniawan itu mengetahui kira-kira langkah terbaik bagi dia, apakah akan melaksanakan upaya hukum berikutnya ya banding, ataukah menerima vonis itu kami menyerahkan sepenuhnya pada beliau," kata Eddy.

"Tapi sebagai partai tentu kami merasa prihatin dengan putusan tersebut, dan kami berharap Pak Takur diberikan kesabaran dan ketabahan untuk menghadapi langkah selanjutnya," lanjut Eddy.

Simak Video "Divonis 6 Tahun di Kasus Suap, Ini Respons Waka DPR Taufik Kurniawan"
[Gambas:Video 20detik]

(idn/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com