detikNews
Senin 15 Juli 2019, 14:00 WIB

Mufidah Kalla Ajak Perajin Tenun Kaltim Pameran di Jakarta

Eva Safitri - detikNews
Mufidah Kalla Ajak Perajin Tenun Kaltim Pameran di Jakarta Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Mufidah Jusuf Kalla mengunjungi pameran kerajinan Kalimantan Timur. (Eva/detikcom)
Samarinda - Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Mufidah Jusuf Kalla mengapresiasi kain tenun khas Kalimantan Timur. Mufidah akan mengajak perajin setempat memamerkan produknya di Jakarta.

"Bagus, bagus, nanti saya akan undang mereka pameran di Jakarta, jadi kira-kira bulan September. Mereka pasti senang, mulai sekarang mereka akan kumpulkan mana yang terbaik," ujar Mufidah di Hotel Bumi Senyiur, Jl Diponegoro, Samarinda, Kalimantan Timur, Senin (15/7/2019).


Dia mengatakan motif kain tenun yang dihasilkan para perajin sudah pantas bersaing secara internasional. Hal itulah, menurut Mufidah, yang menjadi tujuan Dekranas mempertahankan hasil produk dalam negeri.

"Iya, mudah-mudahan, sudah ada yang pantas. Jadi memang tujuan kita untuk itu, supaya bisa diperhatikan" katanya.

"Peluangnya sangat besar (untuk bersaing global), dan mereka juga untuk pameran boleh ke Jakarta dan nggak bayar," lanjut Mufidah.


Sebelumnya, dalam pengarahan, Mufidah menekankan untuk meningkatkan inovasi desain kreativitas. Dia mengingatkan agar para perajin terampil membuat desain tanpa menghilangkan ciri khas Kalimantan Timur.

"Faktor utama yang sangat menentukan di bidang produk kerajinan adalah desain. Oleh karena itu, pelatihan khususnya di bidang desain menjadi sangat penting karena trennya sangat cepat berubah," katanya.

"Peningkatan kreativitas dan inovasi desain perlu dilakukan, namun tetap mempertahankan identitas tradisional, motif khas Kalimantan Timur, agar nuansa warisan budaya tetap harmoni dengan kekinian, sehingga tetap diminati dan memiliki daya saing tinggi di pasar global," lanjut Mufidah.

Simak Video "Mufidah Kalla: Ani Yudhoyono Pribadi yang Baik dan Hangat"
[Gambas:Video 20detik]

(eva/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com