detikNews
Senin 15 Juli 2019, 11:36 WIB

Mufidah Kalla Minta UKM Kerajinan di Kaltim Tingkatkan Kreativitas

Eva Safitri - detikNews
Mufidah Kalla Minta UKM Kerajinan di Kaltim Tingkatkan Kreativitas Ketum Dekranas Mufidah Kalla saat meresmikan program kerjasama antara Kementerian dan UKM dengan Dekranas di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. (Foto: Eva Safitri/detikcom)
Samarinda - Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Mufidah Jusuf Kalla meresmikan program kerja sama antara Kementerian dan UKM dengan Dekranas di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Mufidah meminta Dekranasda untuk menggali potensi produk kerajinan lokal.

"Dekranas memandang penting untuk melakukan pembinaan dan pengembangan UMKM di Kalimantan Timur mengingat banyak potensi yang dapat dikembangkan seperti anyaman, tenun, manik-manik, dan lain-lain. Saya mengharapkan agar peran Dekranasda Kalimantan Timur terus ditingkatkan dalam rangka mengetahui dan menggali terus potensi produk kerajinan yang dapat dikembangkan kemudian dilanjutkan dengan memotivasi para perajin untuk dapat menghasilkan produk kerajinan yang berkualitas dan mempunyai daya saing tinggi," ujarnya di Hotel Bumi Senyiur, Jl Diponegoro, Samarinda, Kalimantan Timur, Senin (15/7/2019).

Mufidah mendorong agar digelar pelatihan untuk menunjang terhasilnya produk yang bervariasi. Terutama di bidang desain yang dinilainya sangat penting untuk meningkatkan daya saing global mengingat tren berubah dengan cepat.


"Faktor utama yang sangat menentukan di bidang produk kerajinan adalah desain. Oleh karena itu, pelatihan khususnya di bidang desain menjadi sangat penting karena trennya sangat cepat berubah," kata istri Wakil Presiden Jusuf Kalla ini.

Mufidah berpesan kreativitas itu harus tetap diiisi dengan nuansa khas lokal Kalimantan Timur. Sehingga memiliki daya saing secara luas.

"Peningkatan kreativitas dan inovasi desain perlu dilakukan, namun tetap mempertahankan identitas tradisional, motif khas Kalimantan Timur agar warisan budaya tetap harmoni dengan kekinian. Sehingga tetap diminati dan memiliki daya saing tinggi di pasar global," ucapnya.


Ia juga mengingatkan agar pengurus Dekranas daerah untuk berkoordinasi dengan pengurus pusat. Serta juga dengan berbagai instansi terkait untuk turut memajukan UKM Kerajinan Kalimantan Timur.

"Dalam kaitan ini saya berharap Dekanasda selalu berkoordinasi dam berkolaborasi dengan berbagai pihak serta dinas terkait, BUMN dan juga tim penggerak PKK. Semoga Dekranas dan Dekranasda semakin berperan untuk kemajuan bangsa melalui pengembangan dan pembinaan produk kerajinan yang dihasilkan oleh masyarakat yang membanggakan," tuturnya.

Simak Video "Mufidah Kalla: Ani Yudhoyono Pribadi yang Baik dan Hangat"
[Gambas:Video 20detik]

(eva/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com