detikNews
Senin 15 Juli 2019, 10:26 WIB

Wapres JK ke Capaja TNI-Polri: Saat Ini Perang Teknologi, Kuasai!

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Wapres JK ke Capaja TNI-Polri: Saat Ini Perang Teknologi, Kuasai! Wapres Jusuf Kalla (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta para calon perwira remaja (capaja) TNI-Polri menguasai teknologi. Sebab, JK menilai saat ini bukan lagi era perang fisik.

"Anda berbeda (dengan) tentara angkatan 45. Anda tentara yang harus mempunyai pemahaman teknologi, Anda harus belajar terus," kata JK di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (15/7/2019).

JK mengingatkan perang di masa modern bukan hanya perang fisik. Dia menyebut siapa pun yang menguasai teknologi akan memenangi peperangan.




"Yang terjadi sekarang perang teknologi, yang menang yang menguasai teknologi. Di militer, kepolisian juga penguasaan teknologi adalah yang penting," ujarnya.

Selain itu, JK berharap para capaja turut membangun negara agar menjadi negara dengan kekuatan lima besar ekonomi dunia. Dia berharap target tersebut dapat diraih pada 2045.

"Pada ulang tahun ke-100, Indonesia penduduknya 320 juta. Kita harap ekonominya maju menjadi kelima. Harapan kita bisa memenuhi itu," paparnya.




JK menyebut bangsa Indonesia juga harus waspada terkait konflik yang terjadi di negara tetangga. Dia berharap capaja nantinya bisa berkontribusi menjaga keamanan negara.

"Kita mempunyai penduduk yang besar. Apa tantangan kita adalah dunia dan regional penuh dengan masalah. Konflik dan perang dagang. Di regional ada masalah Laut China Selatan. Semoga tidak menjadi perang terbuka. Ada masalah konflik juga di Thailand, Myanmar, Filipina Selatan, semua mempengaruhi kita semua," sebutnya.

Simak Video "Pak Jokowi, Gerindra-Demokrat Masuk Kabinet?"
[Gambas:Video 20detik]

(fdu/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com