detikNews
Minggu 14 Juli 2019, 15:18 WIB

Guncangan di Sumbawa-Bima Dampak dari Gempa M 6,6 Australia Barat

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Guncangan di Sumbawa-Bima Dampak dari Gempa M 6,6 Australia Barat Ilustrasi gempa (Foto: Zainal Abidin/detikcom)
Sumbawa - Sumbawa-Bima diguncang gempa. Gempa tersebut ternyata dampak dari gempa bumi M 6,5 yang diperbarui menjadi M 6,6 di laut sebelah utara Australia Barat.

Berdasarkan keterangan tertulis dari BMKG, Minggu (14/7/2019), gempa di Australia Barat terletak pada koordinat 18,24 LS dan 120,3 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 878 km arah selatan Kabupaten Rote Ndao, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Gempa berada pada kedalaman 10 km.



Gempa terjadi pada pada pukul 12.39 WIB atau 13.39 waktu setempat. Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal di Utara Port Hedland, Australia Barat.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi di wilayah laut di Australia Barat ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar mendatar (strike-slip fault)," ujar Kepala Bidang Informasi Gempa bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono.

Daryono mengatakan gempa di Barat Laut Australia ini tercatat dengan baik pada sensor seismik BMKG seperti PLAI (Plampang) pukul 12.41 WIB, WBSI (Waikabubak) pukul 12.41 WIB , WSI (Waingapu) pukul 12.41 WIB , KLNI (Lombok) 12.41, BATI (Kupang) pukul 12.41 WIB.

"Dampak gempa berdasarkan laporan masyarakat menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di Waingapu, Sumbawa, Bima dalam skala intensitas III MMI dan Mataram II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut," katanya.



Sebelumnya, Gempa bumi M 6,9 mengguncang Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Gempa dirasakan hingga Mataram, Waingapu, Bima dan Sumbawa. Gempa terjadi pada pukul 12.39 WIB. Pusat gempa berada di laut 884 km Barat Daya Sumbawa.

Sementara di kawasan Australia Barat, gempa bumi M 6,5 yang diperbarui menjadi M 6,6 mengguncang Pantai Australia Barat. Gempa dirasakan hingga Broome, Port Hedland dan Perth.

Dilansir The Guardian, gempa dilaporkan terjadi pada Minggu (15/7/2019) pukul 13.39 waktu setempat. Gempa terjadi di lepas pantai antara Port Hedland dan Broome, di Samudra Hindia.

Simak Video "BMKG: Gempa Maluku Utara Disebabkan Patahan Badan Lempeng Laut"
[Gambas:Video 20detik]

(mae/mae)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com