detikNews
Minggu 14 Juli 2019, 11:42 WIB

Dahnil Kaitkan Pertemuan Prabowo-Jokowi dengan Pemulangan Habib Rizieq

Tim detikcom - detikNews
Dahnil Kaitkan Pertemuan Prabowo-Jokowi dengan Pemulangan Habib Rizieq Prabowo bertemu Jokowi (Foto: Andhika/detikcom)
FOKUS BERITA: Jokowi-Prabowo Bertemu
Jakarta - Eks Koordinator Jubir BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak menjelaskan alasan mengapa Prabowo mau bertemu dengan Jokowi. Salah satunya, diyakini Dahnil sebagai upaya untuk memulangkan Habib Rizieq Syihab ke Indonesia.

Hal itu disampaikan Dahnil dalam sebuah video yang dibagikan di channel YouTube-nya, Minggu (14/7/2019). Dahnil mulanya mengatakan, bahwa Prabowo bertemu Jokowi salah satunya untuk memastikan tidak adanya dendam politik di masa yang akan datang.

"Saya percaya penuh dengan komitmen kebangsaan Pak Prabowo dan beliau tidak akan pernah mengkhianati pendukungnya, semua harapan para pendukungnya untuk hanya sekedar kursi menteri misalnya. Saya meyakini itu. Kepentingan beliau adalah tentu untuk kepentingan bangsa yang lebih luas, kepentingan beliau adalah untuk menyelamatkan para pihak yang rentan, rentan dalam berbagai hal. Rentan tertuduh, rentan kriminalisasi, rentan macam-macam. Kepentingan beliau itu. Untuk memastikan semua pihak itu tidak lagi punya dendam politik di masa yang akan datang," kata Dahnil.



Cara menghilangkan dendam politik itu, kata Dahnil, dengan membuka portal yang selama ini menghambat kepulangan Habib Rizie ke Indonesia. Sehingga, Imam Besar FPI itu bisa pulang ke Indonesia dan kembali berdakwah.

"Termasuk salah satunya adalah ketika saya melontarkan pentingnya pemerintah membuka portal yang menghambat kepulangan Habib Rizieq. Kenapa? Karena ketika ada upaya membuka portal itu, Habib Rizieq bisa bergabung di negeri ini kemudian berdakwah seperti biasa normal, kemudian berkomunikasi sebagai tokoh dengan pemerintah. Baik itu dalam memberikan saran, kritik dan sebagainya. Maka beliau punya peran sebagai anak bangsa, dan di sisi lain kita bisa guyub lagi sebagai bangsa. Kenapa? Karena tidak ada lagi dendam politik. Pemerintah berusaha merangkul Habib Rizieq, kemudian kita berusaha berperan sesuai peran kita masing-masing," tuturnya.



Eks Ketua Pemuda Muhammadiyah itu menegaskan selama ini komitmen untuk membawa pulang Habib Rizieq ke Indonesia selalu ditunjukkan oleh Prabowo. Karena itu, Dahnil meyakini persoalan kepulangan Habib Rizieq menjadi salah satu latar belakang Prabowo mau bertemu dengan Jokowi.

"Jadi sahabat sekalian, itu komitmen. Saya yakin komitmen yang ditunjukkan Pak Prabowo. Kalau ada yang bilang 'bisa nggak, bener nggak, Habib Rizieq menjadi salah satu apa permintaan Pak Prabowo terkait dengan upaya beliau berkomunikasi dengan pihak pemerintah?' Ya itu adalah bagian penting, karena Habib Rizieq bagi Pak Prabowo itu adalah tokoh penting. Beliau punya banyak pengikut, dengan kepulangan beliau kita bisa membantu mengubur dendam yang selama ini muncul," ujar Dahnil.

Sebelumnya, Jokowi dan Prabowo bertemu kemarin. Keduanya bertemu di MRT dari Stasiun MRT Lebak Bulus menuju Senayan. Mereka duduk berdampingan dan sempat ngobrol-ngobrol santai sepanjang perjalanan. Dari Stasiun MRT Senayan, keduanya berjalan kaki menuju Fx Sudirman untuk makan siang bersama sebelum kemudian berpisah satu sama lain.


Pertemuan Jokowi-Prabowo Bahas Habib Rizieq?:

[Gambas:Video 20detik]

Dahnil Kaitkan Pertemuan Prabowo-Jokowi dengan Pemulangan Habib Rizieq




Simak Video "Prabowo Punya Jubir, Sandiaga: Dahnil Mengerti Perjuangannya"
[Gambas:Video 20detik]

(mae/tor)
FOKUS BERITA: Jokowi-Prabowo Bertemu
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com