detikNews
Sabtu 13 Juli 2019, 22:55 WIB

Sempat Dirawat Akibat Terluka, Lumba-lumba Terdampar di Sulbar Mati

Abdy Febriady - detikNews
Sempat Dirawat Akibat Terluka, Lumba-lumba Terdampar di Sulbar Mati Proses penguburan lumba-lumba yang mati setelah terdampar di Sulbar (Foto: Abdy Febriady/detikcom)
Polewali Mandar - Lumba-lumba terluka yang terdampar di Pantai Sappoang, Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Sulbar), mati setelah sempat mendapat perawatan. Lumba-lumba itu sebenarnya hendak dilepas ke laut jika kondisinya membaik.

"Rencananya lumba-lumba malang ini akan langsung dilepas jika kondisinya sudah membaik, namun sejak kemarin kondisinya sudah semakin lemah, bahkan tidak mau makan," kata salah satu relawan dari KPA Kalpataru, Lengke, Sabtu (13/7/2019).



Pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Mamuju menyebut penyebab kematian lumba-lumba ini akibat luka para di tubuhnya. Dia pun meminta nelayan tak melakukan penganiayaan pada lumba-lumba yang ditemui di laut.

"Sangat disesalkan, karena penyebab matinya akibat luka parah di sekujur tubuh, saya berharap agar para nelayan tidak melakukan penganiayaan terhadap lumba-lumba yang dijumpai saat melaut," kata Kepala Seksi BKSDA Mamuju, Muhammad Hasan.

Bangkai lumba-lumba tersebut pun ditanam di dekat pantai. Warga sekitar pun tampak berkumpul melihat proses penguburan bangkai lumba-lumba tersebut.

Sebelumnya, seekor lumba-lumba ditemukan warga terdampar di Pantai Sappoang, Polewali Mandar, Sulbar pada Kamis (11/7). Lumba-lumba itu terluka parah saat ditemukan.



Lumba-lumba ini pertama kali dilihat warga setempat bernama Jumardi ketika hendak pergi melaut. Jumardi pun membawa lumba-lumba itu ke tepian pantai untuk mendapat pertolongan.

"Setelah saya lihat lukanya, saya langsung membawa lumba-lumba tersebut ke tepian untuk diberi pertolongan " ujarnya, Kamis (11/7 ).

Simak Video "Sekawanan Besar Lumba-lumba di Lepas Pantai California"
[Gambas:Video 20detik]

(haf/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com