detikNews
Jumat 12 Juli 2019, 23:56 WIB

Diduga Korupsi Dana Bantuan Siswa, Kepala SMK di Cianjur Ditahan Kejaksaan

Syahdan Alamsyah - detikNews
Diduga Korupsi Dana Bantuan Siswa, Kepala SMK di Cianjur Ditahan Kejaksaan Kepala SMK di Cianjur ditahan. (Foto: dok. Istimewa)
Cianjur - Kepala sekolah (kepsek) dari salah satu SMK di Cianjur, Jawa Barat, berinisial MAW ditahan Kejaksaan Negeri Cianjur. MAW ditahan atas dugaan korupsi dana Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Informasi yang diperoleh detikcom, MAW diduga menyelewengkan dana bantuan yang seharusnya diterima sebanyak 1.071 siswa miskin di SMK Cikalong Kulon pada 2015.

"Tersangka menyalahgunakan kewenangannya mengambil dana Bantuan Siswa Miskin. Berdasarkan perhitungan, kerugian negara Rp 419 juta," kata Kepala Kejari Cianjur Yudhi Syufriadi kepada awak media Jumat (12/7/2019).



Yudhi menuturkan MAW menyalahgunakan dana bantuan tersebut saat menjabat sebagai kepsek di SMK Cikalong Kulon, Cianjur, Jawa Barat. Saat ini, MAW menduduki jabatan yang sama namun di SMK Leles, Cianjur.

"Kejadiannya tahun 2015, penanganan dan proses penyidikannya sudah lama. Karena berkas sudah dinyatakan lengkap, akhirnya dia kita tahan sampai 20 hari ke depan di Lapas Cianjur," jelas Yudhi.

Sebelum ditahan, MAW sempat diperiksa selama tiga jam. MAW lalu digiring petugas ke mobil tahanan.

Akibat perbuatannya, MAW dijerat dengan Pasal 2 UU No 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dan terancam hukuman 20 tahun penjara.

"Untuk kemungkinan tersangka lainnya tidak menutup kemungkinan (ada). Nanti kan berkembang di persidangan," pungkasnya.

Simak Video "Uang Rp 36 M Terkait Dugaan Korupsi di Sabang Dikembalikan Tunai!"
[Gambas:Video 20detik]

(sya/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed