detikNews
2019/07/12 20:10:29 WIB

Round-Up

Kunjungan LN Dikritik, Pemprov Jamin Anies Pilih-pilih Topik

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kunjungan LN Dikritik, Pemprov Jamin Anies Pilih-pilih Topik Gubernur Jakarta Anies Baswedan (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Gubernur Jakarta Anies Baswedan tengah melawat ke Benua Amerika. Kegiatan dinas Anies tersebut menuai kritik di dalam negeri. Pemerintah Provinsi DKI menjawabnya.

Dalam sekali jalan dari Indonesia, Anies melawat ke Kolombia, kemudian dilanjutkan ke Amerika Serikat (AS). Informasi ini pertama kali dikabarkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah kepada para finalis Abang-None 2019 di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (11/7) kemarin.

"Permohonan maaf dari Pak Gubernur yang saat ini sedang berada di Kolombia, kemudian akan lanjutkan perjalanan ke US (AS) dan nanti tanggal 18 (Juli) baru kembali ke Jakarta," ucap Saefullah.



Anies, yang tak bisa menemui finalis Abang-None itu, menitipkan salam hangat. Saefullah kemudian menyampaikan harapannya, agar perjalanan dinas Anies membawa hasil positif untuk ibu kota Indonesia, supaya Jakarta bisa setara dengan kota besar di dunia.

Di Kolombia, Anies menjadi narasumber di WCSMF ke-10 di Plaza Mayor Medellin Conventions and Exhibitions, Kolombia. Dia berada di Kolombia hingga 16 Juli 2019. Anies menyampaikan sendiri lewat keterangan tertulis, kehadirannya di acara itu adalah bukti Jakarta dijadikan rujukan tingkat global. Dia juga hendak bertukar pikiran dan berbagi pengalaman dengan pimpinan kota yang hadir di sana.

Dari Kolombia, Anies akan berada lima hari di AS. Dia bakal menghadiri United States-Indonesia Society (USINDO). Anies pernah menjadi Board of Advisor di USINDO sejak 2009. Dia akan berbicara tentang isu Jakarta dan Indonesia, meliputi masalah sosial, ekonomi, perkotaan, pembangunan infrastruktur, transportasi, smart city, ekonomi digital, kewirausahaan, dan pendidikan.



Kegiatan-kegiatan Anies ini sudah diizinkan Kementerian Dalam Negeri. Mendagri Tjahjo Kumolo juga melaporkan kegiatan Anies ini kepada Presiden Jokowi pada 14 Juni 2019. Kegiatan Anies di AS menggunakan biaya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta.

"Nanti tanggal 18 (Juli) baru kembali ke Jakarta," kata Saefullah.

Anies ditemani istrinya, Ferry Farhati, dan tiga pejabat DKI, yakni Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Yusmada Faizal, seorang staf di Biro KDH dan KLN, serta anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Kreshna Aditya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed