detikNews
Jumat 12 Juli 2019, 16:13 WIB

Pemprov DKI Sebut Anies Selektif Hadiri Undangan ke Luar Negeri

Arief Ikhsanudin - detikNews
Pemprov DKI Sebut Anies Selektif Hadiri Undangan ke Luar Negeri Gubernur DKI Jakarta. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam beberapa kesempatan pergi ke luar negeri untuk menghadiri pertemuan dan menjadi pembicara. Namun, tidak semua undangan dari luar negeri dihadiri oleh Anies.

"Banyak undangan yang tidak kita penuhi, karena kan melihat kondisinya. Misalnya ada undangan, kita buat kajian sebaiknya ini tidak perlu dihadiri, karena scoopnya kecil dan dihadiri oleh pesertanya kan kita tanya juga, yang hadir itu dari mana, perwakilan level apa, sehingga kita tidak (penuhi)," ujar Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Neger (KDH dan KLN) DKI Jakarta, Muhammad Mawardi, di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (12/7/2019).


Selain undangan kepada gubernur, ada juga undangan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ditolak. Penolakan didasarkan atas pertimbangan tindak lanjut usai pertemuan itu.

"Banyak undangan, bahkan mungkin undangan-undangan yang ke SKPD juga banyak yang kita sarankan untuk tidak dihadiri. Karena kan pertama kan yang lebih fokus adalah bagaimana kita menindaklanjuti hasil kerja samanya," ucap Mawardi.

Selain penolakan, Anies juga mewakilkan undangan dari luar negeri kepada pejabat DKI lain. Kecuali, agenda yang tidak mungkin bisa diwakilkan.


"Kalau ini tergantung dari topiknya. Kalau memang ini kan enggak mungkin diwakili oleh asisten atau apa yang di Kolombia. Termasuk yang kemarin di Argentina juga karena pertemuan dengan para wali kota U-20 kan, enggak mungkin diwakilkan sehingga kan Pak Gubernur harus hadir. Termasuk penandatanganan kerja sama, itu kan mesti kepala daerah," kata Mawardi.

"Kalau yang lain-lainnya kayak Bu Atika (Kadis Kominfo) berangkat juga, Pak Oswar (Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup DKI) juga kan mewakili Pemprov yang setidaknya tidak harus kepala daerah," ujar Mawardi.

Seperti diketahui, saat ini masih berada di luar negeri. Dia berangkat dari tanggal 9 Juli 2019 untuk menghadiri pertemuan World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) di Kolombia. Setelah itu, Anies melanjutkan perjalanan ke AS sebagai pembicara di Forum USINDO dan kembali pada 18 Juli 2019.

"Dalam perjalanan pulang seusai menjadi pembicara pada World Cities Summit Mayors Forum 2019 di Medellin, Colombia, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan singgah ke Washington D.C., Amerika Serikat, untuk memenuhi undangan menjadi pembicara dalam Forum pertemuan USINDO Luncheon yang akan diselenggarakan pada hari Senin, 15 Juli 2019. Rute perjalanan Indonesia-Kolombia cukup panjang dan memang melewati Amerika Serikat," tulis keterangan resmi dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kamis (11/7).



Simak Juga 'Blak-blakan Anies Baswedan: Menjawab Tuduhan Ingkar Janji':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Gaet Kampus Jerman, Anies Mau Jakarta Ramah Disabilitas"
[Gambas:Video 20detik]

(aik/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com