detikNews
Jumat 12 Juli 2019, 15:55 WIB

Selama di Kolombia-AS, Anies Didampingi 3 Pejabat Pemprov DKI

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selama di Kolombia-AS, Anies Didampingi 3 Pejabat Pemprov DKI Anies Baswedan. (Foto: Instagram)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan lawatan ke Kolombia dan Amerika Serikat ditemani oleh istrinya, Ferry Farhati, dan tiga pejabat DKI. Perjalanan itu didanai anggaran DKI Jakarta.

"Iya bapak sama ibu saja, bukan keluarga. Iya (anggaran dari DKI), kan diperbolehkan," ucap Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Neger (KDH dan KLN) DKI Jakarta, Muhammad Mawardi, di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (12/7/2019).



Selain itu, ada tiga pejabat DKI yang ikut bersama Anies ke Kolombia dan AS di antaranya Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Yusmada Faizal, seorang staf di Biro KDH dan KLN, serta anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Kreshna Aditya. Di Kolombia dan AS, Anies melakukan pertemuan bilateral dengan pimpinan kota di sana, khususnya di acara World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF).

"Kalau dinamika di sana kan pasti ada bilateral ya. Ketemu dengan para pemimpin dari masing-masing kota itu bilateral biasanya ada pertemuan pada saat itu. Dengan Pak Kreshna ya, yang tahu persis karena beliau ikut ke sana, TGUPP. Kalau dari kita Biro KDH dan KLN Pak Fery, sama Pak Asbang Yusmada," ucap Mawardi.

Keikutsertaan beberapa staf dimaksud untuk mempermudah tindak lanjut dari pertemuan dan pembahasan yang dilakukan oleh Anies.

"Nanti para kepala SKPD biasanya. Misalnya nih Pak Asbang, ini kan di bidang pembangunan, nanti yang lebih menonjol di mana. Nanti ada laporan ke Pak Gubernur, nanti Pak Gubernur akan disposisi ke SKPD mana yang, misalnya masalah lingkungan, mungkin nanti ke Dinas Lingkungan Hidup," ucap Mawardi.



Seperti diketahui, Anies berangkat ke luar negeri dari tanggal 9 Juli untuk menghadiri pertemuan WCSMF di Kolombia. Setelah itu, Anies melanjutkan perjalanan ke AS sebagai pembicara di Forum USINDO dan baru kembali pada 18 Juli 2019.

"Dalam perjalanan pulang seusai menjadi pembicara pada World Cities Summit Mayors Forum 2019 di Medellin, Colombia, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan singgah ke Washington D.C., Amerika Serikat, untuk memenuhi undangan menjadi pembicara dalam Forum pertemuan USINDO Luncheon yang akan diselenggarakan pada hari Senin, 15 Juli 2019. Rute perjalanan Indonesia-Kolombia cukup panjang dan memang melewati Amerika Serikat," tulis keterangan resmi dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kamis (11/7).

Simak Video "Gaet Kampus Jerman, Anies Mau Jakarta Ramah Disabilitas"
[Gambas:Video 20detik]

(aik/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com