detikNews
Jumat 12 Juli 2019, 10:44 WIB

F-PAN DPRD Sulsel Setuju Pin Emas Dibatalkan: Aksesori Mubazir

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
F-PAN DPRD Sulsel Setuju Pin Emas Dibatalkan: Aksesori Mubazir Daftar pagu anggaran baju pelantikan anggota DPRD Sulsel termasuk pin emas. (M Taufiq/detikcom)
Makassar - Ketua DPRD Sulsel merekomendasikan pembatalan pin emas 10 gram berbentuk pinisi. Fraksi PAN setuju karena pin emas dinilai hanya sebagai aksesori.

"Lebih baik dibatalkan saja, karena sifatnya aksesori," kata Sekretaris Fraksi PAN Irfan AB saat diminta konfirmasi detikcom, Selasa (12/7/2019).

Irfan mengatakan tidak ada aturan yang mewajibkan pin emas dipakai anggota Dewan. Menurutnya, anggaran pin emas justru bisa dialihkan ke program lain.

"Lebih baik dialihkan anggarannya untuk kepentingan yang lebih penting," kata dia.




"Pengadaan PIN emas pinisi mubazir saja dan pin pinisi tidak diatur dalam tata tertib DPRD Sulsel," sambungnya.

Rekomendasi pembatalan pin emas untuk digunakan legislator saat pelantikan, sebelumnya, disampaikan Ketua DPRD Sulsel Mohammad Roem. Rekomendasi pembatalan ini, menurutnya, sudah dikaji pihak internal dan akan ditindaklanjuti Sekretariat Dewan.

Berdasarkan Pagu Anggaran DPRD Sulsel, biaya untuk emas 10 gram bagi anggota Dewan sebesar Rp Rp 637 juta. Sedangkan untuk emas 5 gram nilai totalnya Rp 318 juta dan untuk emas 3 gram nilai totalnya Rp 191 juta.





Sementara itu, anggaran belanja untuk pakaian dan pin emas untuk 85 anggota DPRD Sulsel periode 2019-2024 senilai Rp 2,45 miliar. Anggaran ini terbagi menjadi pakaian dinas harian (PDH), pakaian sipil harian (PSH), pakaian sipil resmi (PSR), serta pakaian sipil lengkap (PSL) dilengkapi atribut pin emas.

Dalam pagu anggaran yang didapatkan, pakaian sipil harian (PSH) dianggarkan sebesar Rp 467,5 juta, dengan spesifikasi wol setara Hermes atau per satuan dihargai Rp 2,7 juta dan tiap anggota Dewan akan mendapatkan dua PSH. Ada juga PSR dengan harga Rp 2,75 juta setara Louis Vuitton (LV) per satuan. Yang paling mahal adalah PSL untuk wakil rakyat ini dengan bahan wol atau setara merek Gucci yang dihargai Rp 4,9 juta per satuan.

Simak Video "Gegara Postingan di Medsos, Suhwan Dibunuh 7 Pemuda"
[Gambas:Video 20detik]

(fiq/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com