detikNews
Kamis 11 Juli 2019, 23:07 WIB

Lumba-lumba Terluka Terdampar di Pantai Sappoang Sulbar

Abdy Febriady - detikNews
Lumba-lumba Terluka Terdampar di Pantai Sappoang Sulbar Seekor lumba-lumba ditemukan warga terdampar di Pantai Sappoang, Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Sulbar). (Foto: dok. Istimewa)
Polewali Mandar -

Seekor lumba-lumba ditemukan warga terdampar di Pantai Sappoang, Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Sulbar). Lumba-lumba itu terluka parah.

Kabar terdamparnya lumba-lumba mengundang perhatian hingga warga datang berbondong-bondong ke pantai. Lumba-lumba ini pertama kali dilihat warga setempat bernama Jumardi ketika hendak pergi melaut.

"Setelah saya lihat lukanya, saya langsung membawa lumba-lumba tersebut ke tepian untuk diberi pertolongan " ujarnya, Kamis (11/7/2019).




Jumardi meminta bantuan komunitas mahasiswa pencinta alam Unasman untuk meneruskan informasi terdamparnya lumba-lumba ke dinas terkait.

"Setelah dilakukan pemeriksaan, ditemukan luka sayatan memanjang pada bagian kepala dan punggung lumba-lumba," kata Jumardi.

Beberapa saat kemudian tim dokter hewan dari Dinas Pertanian dan Peternakan Polewali Mandar melakukan penanganan sementara dengan mengobati bagian tubuh lumba-lumba yang terluka.

Warga kemudian mencoba membawa lumba-lumba sepanjang 3 meter itu kembali ke tengah laut. Namun lumba-lumba tetap kembali ke pinggir pantai.

Petugas dibantu warga akhirnya mengevakuasi lumba-lumba ke keramba warga. Lumba-lumba itu dikarantina sementara untuk proses penyembuhan.




(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed