detikNews
Kamis 11 Juli 2019, 18:07 WIB

Dituntut Pidana Percobaan, 5 Komisioner KPU Palembang Ajukan Pleidoi Besok

Raja Adil Siregar - detikNews
Dituntut Pidana Percobaan, 5 Komisioner KPU Palembang Ajukan Pleidoi Besok Foto: Sidang 5 komisioner KPU Palembang (Raja-detikcom)
Jakarta - Lima Komisioner KPU Kota Palembang, Eftiyani dkk, dituntut JPU 6 bulan hukuman penjara dengan masa percobaan 1 tahun. Apa komentar dari pengacara terdakwa?

"Kalau tuntutan Jaksa memang terbukti semua di persidangan. Tapi kami punya hak pembelaan dan besok disampaikan," kata kuasa hukum para terdakwa, Rusli Bastari usai sidang, Kamis (11/7/2019).

Tuntutan yang dibacakan hari ini, lanjut Rusli dianggap masih tidak sesuai bagi para terdakwa. Terutama dengan surat suara yang kurang disebutnya menjadi tanggungjawab PPK.



"Kan sudah jelas, kalau surat suaranya kurang. Maka PPK mengambil di dekat TPS sekitar, jadi tidak ada pidana yang dilakukan para terdakwa," katanya.

Tak banyak komentar, Rusli mengaku akan membacakan pembelaan kelima terdakwa besok. Dia optimis terdakwa bebas dari tuntutan JPU.

"Besok kami bacakan poin pembelaan di persidangan. Mudah-mudahan putusan majelis hakim sesuai yang diharapkan," katanya.



Diketahui, kelima tedakwa dituntut 6 bulan hukuman dengan percobaan 1 tahun. Selain itu, para terdakwa juga didenda Rp 10 juta subsider 1 bulan kurungan.

Tuntutan dibacakan sore ini di ruang sidang utama PN Palembang dengan dipimpin majelis hakim Erma Suharti, didampingi hakim anggota Mulyadi dan Subur Susatyo.




Simak Video "Didatangi Wapres Negara Sahabat, Ma'ruf Amin: Ingin Kenalan"
[Gambas:Video 20detik]

(ras/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com